Lihat ke Halaman Asli

samsul arifin

Kreatif,Aktif,Inovatif🤲

Ramadhan Berkah

Diperbarui: 18 Maret 2022   19:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

                       Ramadan berkah
Ramadan adalah bulan suci yang penuh dengan keberkahan dan kebahagiaan bagi umat islam yang ada di dunia ini, semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkannya, karena aktifitas apapun di nilai ibadah mana kala sudah tiba bulan ramadan, bahkan tidurpun dinilai ibadah.
Selain ramadan mengandung ibadah, ramadan juga mengandung ibadah sosial karena tuhan melimpahkan seluruh rizkinya sehingga para keluarga berlomba-lomba untuk mendapatkan apa yang di janjikan oleh tuhannya.
Kita pelu tahu, bahwa  perintah yang sangat urgen di bulan ramadan adalah perintah puasa yang tidak hanya perintah ibadah belaka namun ada sesuatu yang bisa di ambil dan dapat di gunakan dalam kesehariannya yaitu hikmah yang terdapat di bulan tersebut. Terkadang orang tidak menyadari terhadap hikmah tersebut sehingga mereka di saat berpuasa hanya merasa mendapatkan rasa lapar dan haus.
Padahal Allah SWT telah memerintahkan puasa ini  sebelum nabi Muhammad saw, namun puasa sebelum Nabi Muhammad saw dengan cara yang berbeda-beda, kalau Nabi Daud as. puasanya satu hari puasa satu hari tidak, kalau nabi adam puasanya pada bulan muharram sebagai rasa sukur dipertemukan dengan sitti hawa dan sebagai diterimanya taubat oleh Allah SWT. Dan banyak versi puasa nabi nabi yang lain. Sehingga jelas sekali bahwa adanya puasa ini merupakan perintah Allah SWT yang di dalamnya terkandung beberapa hikmah dan faidah.
Syekh Sirajuddin Al- Husaini di dalam kitab As - siyam menyebutkan ada beberapa hikmah puasa,  diantaranya :
Mensehatkan badan dan menguatkan orang  yang sakit. Sebagimana Nabi SAW bersabda:
(( , , )) .
 "perangi lah maka kamu akan dapat bagian dan puasa lah kamu maka kamu akan sehat bepergian lah kamu maka kamu akan kaya"
Tidak bisa di sangkal lagi berdasarkan salah satu peneliti perancis mengatakan bahwa puasa akan menghidupkan sel-sel yang mati, penemuan ini baru ditemukan pada ahir-ahir ini, yang mana di temukan oleh orang kristen, apakah orang muslim masih tidak menyadari terhadap keutamaan puasa tersebut.
Selamatnya ingatan , jernihnya pikiran pikiran, gigih-kuat hafalan dan tidak mudah lupa, karena orang yang banyak makan akan menyebabkan otaknya banyak berkeringat dan beruap, Dan ini menyebabkan sulit menghafal, oleh karenanya puasa sangat di nanti-nanti oleh ummat islam karena memberikan manfaat yang positif bagi pikiran dan tubuh.  Puasa memberikan rasa nyaman dan tenang terhadap pikiran sehingga sedikit melakukan terhadap hal-hal yang tidak penting.
Sebagaimana sabda Nabi SAW :
)): ((
 " Rasulullah SAW bersabda : berpuasalah kamu maka kamu akan sehat ".
Kesigapan bergeraknya anggota badan untuk digunakan ibadah, karena kenyang menyebabkan lemasnya badan dan menyebabkan berat untuk melakukan ibadah.
Sejak awal diciptakannya Nabi Adam alaihissalam, setan telah bersumpah akan selalu berusaha menyesatkan manusia dengan berbagai cara. Mereka akan menggoda sampai manusia itu tersesat dan merugi, oleh karenya salah satu faidah puasa adalah menjadi sebab tidak mendapatkan pertolongan dari gangguan setan.Sebagaimana sabda Nabi SAW :
)) : ))
"puasa adalah perisai seorang hamba dari api neraka"
Penyebab diterimanya harapan dan diterimanya do'a, puasa adalah senjata yang ampuh dalam artian disaat orang tersebut pengen do'nya diterima allah swt dengan cara berpuasa, sebagaimana sabda Nabi SAW:
: (( : , , ))
"Rasulullah SAW bersabda: tiga hak oleh Allah SWT tidak ditolak : "orang yang berpuasa hingga berbuka, orang yang di dholimi hingga mendapatkan pertolongan dan orang bepergian sehingga dia kembali". Meriwayatkan pada hadis ini Al bazaar dan yang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline