Lihat ke Halaman Asli

Itak Pohul Pohul Sian Tapanuli Selatan

Diperbarui: 16 Januari 2023   11:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumen: Dok.@sipirok)

Sumatera Utara terdiri dari beberapa Kabupaten dan Kota Madya. Salah satunya adalah Kabupaten Tapanuli Selatan. Dahulu Kabupaten Tapanuli Selatan sangat luas sekali dimana berbatasan dengan Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Tapanul Tengah, Kabupaten Tapanuli Utara, dan Rantau Prapat). 

Namun kini Tapanuli Selatan sudah dimekarkan menjadi Kabupaten Mandailing Natal dengan ibukota Panyabungan, Kabupaten Padang Lawas Utara dengan ibukota Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas dengan ibukota Gunung Tua, dan Kota Madya Padang Sidempuan ). Sedangkan ibukota Kabupaten Tapanuli Selatan saat ini adalah Sipirok.

Kabupaten Tapanuli Selatan sangat banyak menyimpang tradisi, kesenian, daerah wisata, pertanian, perkebunan, dan berbagai makanan dan masakan terkenal seperti ihan arsik, alame, ikkayu lalat, dan itak pohul pohul. 

Salah satunya akan kita bahas mengena Itak Pohul Pohul. Dari segi namanya tentunya sangat menarik sekali belum lagi rasa dan penyajiannya. Tentunya akan membuat kita semakin penasaran akan rasa dan kehebatan Itak Pohul Pohul  ini. Khususnya bagi anda yang berasal dari Kabupaten Tapanuli Selatan, walaupun di Kabupaten Mandailing Natal dan Kota Madya Sidempuanpun sangat terkenal.

Itak Pohul-pohul berasal dari Bahasa Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal. Itak berarti kue dan pohul artinya genggaman atau kepalan tangan. Jadi Itak Pohul Pohul berarti kue yang berasal dari genggaman atau kepalan tangan.

Itak Pohul Pohul biasanya dijadikan salah satu buah tangan dalam acara Marhusip. Acara tersebut merupakan pertemuan paranak (calon keluarga mempelai laki-laki) dan parboru (calon keluarga mempelai perempuan) untuk melakukan musyawarah adat persiapan penikahan.

Memang menyajikan Itak Pohul Pohul dalam marhusip mempunyai makna filosofis tersendiri. Kuliner yang dibuat dengan cara digenggam sampai  menghasilkan kue yang keras dan tidak mudah hancur, menjadi perlambang bahwa segala perdebatan dalam marhusip semata-mata dilakukan untuk menghasilkan keputusan yang sangat kuat.  

Itak Pohul-pohul terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula aren yang disisir, dan garam. Selain menghasilkan cita rasa manis dan gurih, keempat bahan tersebut memiliki makna tersendiri. Namun demikian Itak Pohul Pohul dapat disajikan dalam bentuk Santan Mentah dan tidak menyebabkan sakit perul serta rasanya sangat enak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline