Lihat ke Halaman Asli

Serangan Rudal Rusia ke Polandia Menjadi Pembahasan pada KTT G20

Diperbarui: 18 November 2022   10:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumen Himars)

Berita peluncuran rudal Rusia yang jatuh di Polandia membuat hangat pembicaraannya pada KTT G20 di Bali. Termasuk Indonesia yang menyatakan terus mengikuti dan dekat dengan perkembangan yang terjadi. 

Indonesia merubah susunan acara KTT G20 dengan memberikan kesempatan kepada anggota negara G7 yang dipimpin oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Sidang darurat negara negara G7 ini membahas tentang kebenaran rudal yang ditembakkan apakah berasal dari Rusia atau bukan.

Sementara Jurubicara Pemerintah Polandia Piotr Muller menyatakan bahwa Polandia sedang memverifikasi untuk meminta konsultasi dengan NATO dan sekutunya. 

Hal ini didukung oleh pernyataan bersama seluruh anggota NATO berdasarkan Pasal 4 Perjanjian Atlantik Utara. Karena Polandia merupakan negara Eropa yang masuk kedalam negara negara NATO. Namun hal ini tidak banyak mengganggu kegiatan KTT G20 yang berlangsung di Bali.

Sebagai catatan serangan rudal Rusia ini merupakan cambuk bagi KTT G20 karena pada awal pembukaannya Indonesia bersama anggota lainnya menyatakan untuk meningkatkan perdamaian dunia. Seluruh peserta KTT G20 menyatakan menolak penyerangan terhadap negara lain karena politik dunia saat ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline