Lihat ke Halaman Asli

Dana Sosial di Lingkungan Warga Sangat Bermanfaat

Diperbarui: 20 Juli 2022   09:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sebagai makhluk sosial kita tentunya tidak dapat hidup sendiri namun memerlukan bantuan orang lain. Orang kaya saling membutuhkan dengan orang miskin. Pengusaha saling membutuhkan dengan  pegawainya. Pejabat saling membutuhkan dengan rakyat. Guru saling membutuhkan dengan muridnya. 

Pokoknya tidak ada yang dapat hidup sendiri tanpa ada rasa sosial diantara sesama. Itulah kehidupan di dunia yang bersifat sementara dan apa yang kita miliki hanya merupakan titipan dari Allah swt sebagai Sang Penguasa alam semesta ini.

Di lingkungan warga terendah yaitu tingkat RT tentunya sangat diperlukan rasa sosial yang tinggi. Tidak melihat kedudukan dan jabatannya di kantor atau perusahaannya. Karena dalam lingkungan RT semua warga adalah sama dan mempunyai hak untuk berbicara satu sama dalam musyawarah warga. 

Semua persoalan akan dapat diselesaikan dengan kebersamaan dan menjunjung tinggi rasa sosial antara sesama. Termasuk didalamnya adanya dana sosial untuk kepentingan warga bila membutuhkan seperti kematian, sakit, atau lainnya. 

Jangan kita menganggap sepele dana sosial di lingkungan warga tingkat RT walaupun seorang pejabat atau pengusaha sekalipun. Karena suatu saat kita akan membutuhkan dana sosial itu dan itulah salah satu bentuk kepedulian warga terhadap persoalan yang ada di lingkungan warga tingkat RT. Dan kita harus menyikapinya dengan bijaksana sehingga rasa saling membantu akan terwujud agar kedamaian dan kesejahteraan warga terbentuk dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline