Lihat ke Halaman Asli

Menggali Budaya dengan Literasi

Diperbarui: 15 Juli 2022   04:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Saat ini program literasi sedang gencar gencarnya dan khususnya Literasi Digital. Salah satu pengembangan literasi yang berkaitan dengan budaya suatu daerah adalah Literasi Budaya. Literasi Budaya merupakan pengembangan dan penggalian potensi budaya suatu daerah di Indonesia. Perlunya pengembangan Literasi Budaya dalam rangka memajukan dan mempromosikan budaya daerah di Indonesia.

Di sekolah tentunya siswa perlu diperkenarkan dengan Literasi Budaya seperti kesenian, tari tarian, bahasa, adat istiadat, perkawinan, dan lain lain.  

Siswa di sekolah diajak untuk menggali potensi yang ada di suattu daerah di Indonesia. Apalagi dalam kurikulum sekolah terdapat pelajaran bahasa daerah dan budaya daerah. Inilah yang dapat mendukung kemajuan sekolah dalam pengembangan budaya suatu daerah.

Literasi Budaya dapat menjadi inspirasi pengembangan dan kemajuan suatu daerah di Indonesia. Kita harus dapat mengenalkan kepada dunia tentang keanekaragaman budaya yang ada di Indonedia dengan Literasi Budaya. Siswa diajak menggali potensi budaya suatu daerah di Indonesia agar tidak lupa akan budayanya masing masing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline