Lihat ke Halaman Asli

Hikmah Ibadah Haji bagi Ummat Islam

Diperbarui: 10 Juli 2022   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Ibadah haji merupakan rukun islam kelima. Pelaksanaan ibadah haji tentunya harus disiapkan mulai fisik, harta, kesehatan, panggilan, dan keikhlasan. Karena ibadah haji merupakan ibadah yang sangat berat berbeda dengan rukun islam lainnya. Tidak semua ummat islam dapat melaksanakan ibadah haji dan harapan dari dari jemaah haji adalah maqbul / mabrur serta diterima oleh Allah swt..

Ibadah haji mempunyai hikmat yang sangat bermanfaat dan bersejarah. Lihat saja saat melaksanakan tawaf 7 kali ini menunjukkan bagaimana perjuangan Siti Hajar untuk memperoleh air zam zam karena menolong bayinya Nabi Ismail yang kehausan. 

Melontar jumroh sebanyak tiga kali yaitu jumrotul ula, jumrotuts tsaani, dan jumrorul aqobah yang menggambarkan bagaimana mengusir setan pengganggu Nabi Ibrahim as untuk menolak perintah Allah swt mengorbankan anaknya Nabi Ismail as.

Melaksanakan wukuf di Arafah menggambarkan bagaimana manusia berkumpul di Padang Mahsyar pada hari Kiamat untuk dihisab. Belum tempat bersejarah lainnya seperti makam Ibrahim, Hajar Aswad, Miqot memulai untuk melakukan ibadah haji, tawaf mengelilingi ka'bah 7 kali, Masjid Nabawi, Masjid Qiblatain, dan lain lain. Sungguh indah dan nikmatnya ibadah haji walaupun sangat berat dilaksanakan harus dengan fisik yang sehat serta niat ikhlas.

Semoga jemaah haji tahun ini dapat melaksanakan rukun, wajib dan sunnah haji serta menjadi haji mabrur. Semoga kita diberikan kesempatan dan kelapangan untuk melaksanakan ibadah haji sesuai kehendak Allah swt.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline