Lihat ke Halaman Asli

Penentuan Hari Raya Idul Fitri

Diperbarui: 2 Mei 2022   09:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Hari terakhir bukan Ramadan telah tiba. Tentunya akan memasuki Hari Raya Idul Fitri 1 syawal. Dan sebelumnya didahului penentuan Hari Raya oleh pemerintah melalui sidang isbat Kemenag  dengan organisasi Islam dan para ulama.

Dalam sidang isbat tentunya dengan memperhatikan pendapat para ulama dan organisasi Islam yang menggunakan sisi hisab, sisi rukyat dan memadukan kedua duanya.

Keputusan sidang isbat  dapat diumumkan oleh Mentri Agama yang didampingi ulama dan organisasi Islam dari penelitian berbagai tempat di Indonesia. Para peneliti sudah diangkat sumpah agar dapat bertanggung jawab atas informasi yang diberikan kepada pemerintah.

Setelah diumumkan oleh pemerintah penentuan Hari Raya Idul Fitri maka masyarakat dapat melaksanakan kegiatan Idul Fitri. Masyarakat dapat melakukan takbir pada malam Hari Raya Idul  Fitri serta melaksanakan shalat Idul Fitri.

Semoga sidang isbat  dan pengumuman Hari Raya Idul Fitri menemukan hasil yang baik dan lancar. Agar seluruh ummat Islam dapat melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik dan aman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline