Lihat ke Halaman Asli

Kebersamaan dalam Menjaga Keamanan Lingkungan

Diperbarui: 23 April 2022   13:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sebagai masyarakat sosial tentunya kebersamaan sangat diperlukan. Agar suasana damai dan tentram diperoleh dalam lingkungan masyarakat. Kunci dari kebersamaan itu adalah kesadaran akan pentingnya persatuan di lingkungan masyarakat. Hal ini harus dengan rasa memiliki satu sama lain dalam lingkungan masyarakat.

Terciptanya rasa aman akan membuat suasana tentram akan ada dalam lingkungan masyarakat. Setiap orang menghendaki rasa aman dalam lingkungan rumahnya. 

Hal inilah yang harus disadari bahwa kebersamaan harus dibentuk dari kesadaran yang tinggi. Dengan demikian kebersamaan inilah yang dapat membuat rasa aman di dalam lingkungan.

Kesadaran individu dalam lingkungan masyarakat harus ada dalam setiap hati agar membentuk rasa aman. Tidak boleh terjadi rasa egois yang dimunculkan pada setiap individu.

Namun harus diangkat kebersamaan dalam lingkungan masyarakat karena kita adalah makhluk sosial. Kita jaga rasa persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat yang majemuk.

Kita harus mengutamakan rasa aman dengan kebersamaan. Keamanan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah, petugas keamanan, polisi dan TNI saja namun kita semua bertanggung jawab akan hal ini. 

Dengan demikian akan tercipta keamanan lingkungan yang baik dengan kebersamaan. Kita junjung persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat majemuk ini. 

Kita jadikan kebersamaan ini untuk menghilangkan rasa egois dan tidak peduli dengan orang lain. Kita mulailah dari diri kita, lingkungan kita dan masyarakat Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline