Lihat ke Halaman Asli

Samsinar Sambo

Guru SMKN 31

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Diperbarui: 5 September 2024   17:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Menjelang akhir modul 3.3 CGP diharuskan membuat jurnal refleksi dwi mingguan setelah mengikuti Elaborasi Pemahaman. Jurnal refleksi modul ini saya masih setia menggunakan model 4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu Fact/peristiwa, feeling/perasaan, Findings/pembelajaran, dan Future/penerapan.

1. Fact/peristiwa

Pada modul akhir CGP yaitu modul 3.3 Pengelolaan program yang berdampak positif  pada murid. Setiap modul selalu menggunakan alur MERDEKA dalam pelaksanaannya begitu juga dengan modul ini. MERDEKA di sini adalah Mulai dari diri yang isinya adalah berisi pertanyaan pemantik yang harus dijawab oleh CGP yaitu apa yang dimaksud dengan program berdampak pada murid dan kaitannya dengan student agency. Selanjutnya Eksplorasi konsep di sini CGP mempelajari bagaimana menyusun program yang berdampak pada murid, dan bagaimana cara menumbuhkan student agency dengan mempertimbangkan aspek suara/voice, aspek pilihan /choice, dan aspek kepemilikan/ownership. Kemudian Ruang kolaborasi  atau lebih familiar disebut rukol. Dalam kegiatan rukol pertama CGP diskusi sesuai dengan PP masing-masing untuk memilih dan menentukan program yang berdampak pada murid diantaranya menumbuhkan sikap/karakter kepemimpinan, mandiri, kreatif dan gotong-royong, dimana hasil diskusi tersebut akan dipresentasikan pada rukol kedua dan CGP yang lain memberikan umpan balik.

Kegiatan selanjutnya adalah Demonstrasi kontekstual di sini CGP menyusun program  yang berdampak pada murid menggunakan tahapan Bagja. Dilanjutkan dengan Elaborasi pemahaman yang dilakukan secara daring dengan instruktur Lisza Megasari dari SLB Negeri Binjai Sumatera Utara. Selanjutnya Koneksi antar materi modul 3.3 dengan modul sebelumnya yang harus dibuat oleh CGP dan di upload di https://lms.guru.kemdikbud.go.id/ dan di akhir kegiatan adalah Aksi nyata yaitu bagaimana melaksanakan program yang sudah dibuat dengan tahapan Bagja.

2. Feeling/perasaan

Perasaan saya saat mengikuti modul 3.3 bahagia karena ini adalah modul akhir di pelatihan CGP, beban secara tidak langsung berkurang walau masih mengerjakan tugas sampai tuntas/sampai panen karya bulan depan. Sampai saat saya masih bisa mengikuti dan mengerjakan tugas selama pelatihan CGP ini walau ada yang terlambat mengumpulkan. Saya juga bersyukur diberikan kesehatan dan kesempatan mengikuti pelatihan ini sampai akhir.
selain bahagia saya juga sedih karena akan berpisah dengan rekan CGP, PP, fasil yang sudah memberikan semangat dan membersamai saya selama pelatihan ini. Pada saat rukol saya harus berbagi hati dengan pelatihan PIME PPPK sehingga saya harus meminjam leptop rekan sejawat. Ilmu-ilmu yang saya terima saat pelatihan ini sangat bermanfaat buat saya dan merubah mindset saya mengenai beberapa hal menjadi lebih baik.

3. Findings/pembelajaran

Pada modul 3.3 ini saya mendapat banyak ilmu dan pemahaman bagaimana menyusun dan merancang program/kegiatan yang memberikan dampak positif bagi murid yaitu menumbuhkan sikap kepemimpinan murid/ setudent agency yang mempertimbangkan suara, pilihan murid yang menimbulkan kepemilikan bagi murid. Dalam merancang kegiatan yang berdampak pada murid harus memetakan potensi yang dimiliki oleh sekolah sehingga kita dapat mengoptimalkan pemanfaatan aset yang ada agar program yang sudah kita rancang dapat berjalan dengan baik dan lancar juga dapat meminimalisir hambatan-hambatan yang akan ditemui.

4. Future/penerapan

Setelah mempelajari modul 3.3 ini saya rencananya akan melakukan kolaborasi dengan dekan rejawat dan murid-murid dalam berbagi ilmu dna merancang program/kegiatan yang dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan murid dengan memperhatika aspek suara, pemilihan, dan kepemilikan. Agar program yang dirancang secara bersama-sama dapat terwujud dan berjalan dengan baik dan lancar.

Demikian jurnal refleksi ini semoga bermanfaat. Terima kasih. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline