Lihat ke Halaman Asli

Sam

BELUM BEKERJA

Peran Penting Andi Sumangerukka bersama HKTI Sultra dalam Mewujudkan Pertanian yang Berkelanjutan

Diperbarui: 11 Oktober 2023   17:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Andi Sumangerukka (sumber : foto andi sumangerukka)

HKTI memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pertanian Indonesia. Salah satu fungsi HKTI yaitu menjadi perantara antara petani dan pemangku kepentingan. Melalui perannya tersebut HKTI dapat melakukan pertahanan untuk kebijakan yang mendukung pertanian. Ini mencakup dukungan untuk kebijakan agraria, subsidi pertanian, dan langkah-langkah lain yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani. 

HKTI Sultra saat ini di ketuai oleh Andi Sumangerukka, penunjukkan Andi Sumangerukka sebagai ketua HKTI Sultra melalui aklamasi. Dengan latar belakang yang melibatkan tanggung jawab terhadap keamanan dan ketahanan di wilayah tertentu, Andi Sumangerukka memiliki wawasan yang mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh petani. Hal ini dapat membantu dalam merancang program pendampingan yang lebih efektif.

Andi Sumangerukka selaku ketua DPD HKTI Sultra mengadakan kegiatan silaturahmi  dengan para petani selain melakukan diskusi dalam kegiatan ini pula Andi Sumangerukka juga memberikan bantuan berupa 10.000 paket sembako bagi petani dan 10 cultivator pertanian, masing-masing untuk petani Kabupaten Muna 5 cultivator dan Kabupaten Muna Barat juga 5 cultivator. Kegiatan tersebut dilakukan seperti tujuan HKTI yaitu untuk mendorong pengembangan sektor pertanian melalui penerapan teknologi modern, praktik pertanian yang berkelanjutan, dan inovasi dalam produksi pertanian.

HKTI memainkan peran kunci dalam membentuk mekanisme check and balance antara stakeholder dan petani, memastikan bahwa keputusan dan program pertanian benar-benar mencerminkan kebutuhan dan aspirasi petani. Dengan menjadi jembatan komunikasi dan koordinasi, HKTI dapat membantu mengoptimalkan hasil program pertanian dan mencapai tujuan kesejahteraan di Sulawesi Tenggara.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline