Lihat ke Halaman Asli

Mewaspadai Banjir di Makassar dan Sulsel Akhir Tahun 2012

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Akhir Bulan Desember 2012 dan  awal Januari 2013  adalah puncak curah hujan tertinggi di Indonesia tepatnya di Sulawesi Selatan dan lebih khusus lagi di Makassar   demikian rilis BMKG yang di post di webnya dan dapat dilihat  intensitas curah hujan dapat mencapai 700mm pada kurun waktu tersebut.

Gambar di Peta BMKG menunjukkan gradasi hijau tua ( warna yng di grafikkan curah hujannya tertinggi)untuk Sulawesi Selatan termasuk Sulawesi Barat atau yang jelasnya  kaki huruf ( K ) pulau sulawesi hampir semuanya tertutup warna hijau tua ( lihat di peta intensitas curah hujan di www.bmkg.go.id.)

Saat ini curah hujan masih pada angka 100 - 200 mm  yang tentu saja belum menimbulkan potensi bahaya karena masih bisa diserap dengan cepat oleh tanah  dan  terdistribusi ke saluran air dan selanjutnya ke sungai.

Tapi bagaimana dengan 700mm,  sangat disarankan kewaspadaan yang tinggi akan  curah hujan yang diatas normal tersebut  sebab sangat mungkin dapat menimbulkan kerugian yang besar yaitu terendamnya  rumah rumah dan perabot serta isinya bahkan bisa menenggelamkan Kota Makassar dan isinya sekalian.

Hal ini dipicu oleh  tingginya tingkat pertumbuhan Ruko dan rumah yang semula menjadi daerah resapan air hujan kini tidak lagi karena sudah di tanami Ruko dan Rumah  karena ledakan penduduk dan urbanisasi serta peningkatan kesejahteraan  di Perkotaan dan sekitarnya.

Tingkat pertumbuhan rumah dan Ruko yang tidak dibarengi dengan pemeliharaan drainase dan juga system saluran air yang baik akan memicu banjir  dan melimpahnya air di jalan jalan  jika intensitas hujan benar sampai pada angka 700mm seperti yang telah dilansir BMKG.

Bahkan titik rawan Banjir sudah dipetakan BMKG meliputi   Potensi tinggi yaitu : Balocci,Bangkala,Bantimurung,Batang,Bontoharu,Kajuara,mandai,Mangarabombang,Maros Baru,Pallangga,Panakukang,Parangloe,Polombangkeng Selatan,Sibulue,Sinjai tengah,Sinjai Utara,Tamalate,Tanateriaja,Ujungbulu.

Titik rawan banjir sedang meliputi:

Ajangale,Awangpone,Baji,Barebbo,Belawa,Belopa,Cempa,Cenrana,Duaboccoe,duampanua,enrekang,

Larompong,Malangke,Mallusetasi.Sibulue,Suli,Suppa,Tanete riaja,Tanete Riattang Timur,Walenrang,Wara,Wara Utara,Wotu.

Sangat disarankan   Badan Penanggulanngan bencana lebih memperbanyak perahu karet  untuk mengantisipasi  evakuasi warga yang mengalami  banjir di perumahan perumahan yang rawan banjir di Makassar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline