Lihat ke Halaman Asli

Jantung untuk Kesehatan/Penyembuhan

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ini adalah kelanjutan dari bahasan tulisan yang lalu, Hati Itu Jantung. Dan ini lebih bersifat aplikatif, sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik maupun psikis. Bisa jadi, dengan seizinNYA, akan mempercepat kesembuhan.

Di Indonesia teknik ini lebih dikenal dengan nama FB Praying (Ownernya adalah Pak Ifan Winarno – Pencipta Quantum X Formation). Kalau Institute Of HeartMath menyebutnya Heart Coherence Technique / Heart Lock-In / Quick Coherence.

Caranya sangat mudah.


  1. Dengan atau Tanpa tempat yang tenang, letakkan telapak tangan atau jari Anda tepat dimana Jantung Anda berada. Tutup Mata dan mulai untuk Relaks
  2. Fokuskan perhatian pada Jantung Anda.
  3. Mulailah untuk mengingat/memunculkan perasaan seperti cinta, bersyukur, apresiasi, kepedulian ataupun sesuatu yang positif lainnya dari kehidupan Anda bisa tentang orang-orang ataupun peristiwa yang membahagiakan. Tetaplah fokus dan tingkatkan intensitas perasaan itu. boleh selama satu menit, dua menit, atau selama yang Anda mau.
  4. Perlahan-perlahan kirimkan perasaan-perasaan yang Anda fokuskan tadi kepada diri Anda atau orang lain. (Ibarat Api Unggun – Meradiasikan kehangatan saat malam-malam penuh ceria di suatu perkemahan)
  5. Dan rasakan apa yang terjadi pada tubuh Anda. (dan mungkin orang lain yang sedang berdekatan dengan Anda kira-kira sejauh pergelangan tangan Anda).

selamat bereksperimen.

Sekedar contoh:

Jika Anda tidak bisa tidur padahal pengin banget Tidur. Anda boleh bereksperimen dengan teknik ini.

Jika Anda sedang sakit kepala. Anda boleh bereksperimen dengan teknik ini.

Atau juga boleh bereksperimen pada kondisi-kondisi tidak menyenangkan lainnya baik fisik maupun mental.

Demikian Semoga Bermanfaat

Sumber:

ebook dari www.HeartMath.org

Workshop QXF

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline