Lihat ke Halaman Asli

Samhudi Bhai

Wong tani

Berbagi Bersama dengan Kolak

Diperbarui: 21 April 2022   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berbagi bersama dengan kolak/istockphoto.com

Kolak merupakan salah satu makanan khas di bulan Ramadhan yang sehat dan menyegarkan selain rasanya yang manis dan gurih juga terbuat dari berbagai bahan makanan yang enak bergizi dan tergantung dari selera.

Kolak biasanya dihidangkan bersamaan setelah ataupun sebelum memakan nasi saat berbuka puasa. Aneka jenis kolak pun bermacam-macam seperti kolak pisang, nangka, kolang kaling dan lainnya.

Kampung Brebes Jawa Tengah sejak dulu terkenal dengan rasa toleransinya yang tinggi baik dari tetangga, warga dan lingkungannya.

Kepedulian yang erat terbangun dari diri sendiri yang menyadari bahwa berbuat baik dengan sesama hamba Allah Swt merupakan suatu yang berpahala terlebih di bulan puasa.

Sikap saling menghargai, menghormati dan menyayangi hingga terbentuknya sikap saling kekeluargaan tidak dapat diraih dengan mudah begitu saja.

Semua butuh proses belajar yang tertanam dari kesadaran diri sendiri yang berawal dari keluarga sendiri.

Seperti itulah makna Hablum minanas atau hubungan yang baik dengan sesama manusia jika sudah terjalin dengan erat maka bagaikan saudara sendiri dalam keluarga.

Arti hablum minanas begitu luas serta manfaatnya begitu banyak baik untuk diri, keluarga dan juga untuk masyaratnya yang mengaplikasikan.

Salah satu contohnya berbagi bersama dengan kolak, takjil dan menu berbuka puasa lainnya.

Sebagaimana yang sering dilihat menu berbuka puasa di Mushola atau pun di Masjid yang dinamakan takjil semua berasal dari  warganya secara bergilir sesuai jadwalnya.

Kolak sebagai menu takjil/istockphoto.com

Selain itu bagi warga yang mendapat jatah giliran membuat takjil, sebelum diantar ke tempatnya juga berbagi bersama dengan kolak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline