Lihat ke Halaman Asli

Salwa Zahira

Mahasiswa

Rangkuman dari Pemaparan Gagasan oleh Bacapres di UGM

Diperbarui: 21 September 2023   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompas.id (Dokumenter Humas UGM)

Pada hari selasa, tepatnya tanggal 19 September 2023 dari pukul 15.00 sampai 22.00 WIB bertempat di Universitas Gadjah Mada, Graha Sabha Pramana UGM. UGM menghadirkan Bacapres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan juga Prabowo Subianto untuk memaparkan gagasan nya, membahas terkait program kerja yang akan mereka lakukan jika terpilih menjadi presiden pada tahun 2024.

Program ini dapat diadakan karena UGM berkolaborasi dengan Narasi dalam acara Mata Najwa on Stage yang mengusung tema "Bacapres Bicara Gagasan".

Rektor UGM sendiri yaitu Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., juga memberikan pendapat mengenai acara yang diselenggarakan ini, "Tentu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk bisa mewujudkan Pemilu 2024 yang penuh dengan nilai-nilai kompetisi yang sehat dan adil, sarat etika politik, dan mengedepankan politik programatik sebagai mandat nilai-nilai Pancasila dan konstitusi untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan beradab," tutur Rektor.

"Kita harus memiliki komitmen, jangan sampai persaingan politik dalam Pemilu justru akan merusak nilai-nilai ke-Indonesia-an dan demokrasi untuk kesejahteraan yang kita yakini. Pemilu bukan sekadar mekanisme untuk bersaing mendapatkan kekuasaan dan kewenangan, namun sebagai mekanisme terbaik untuk bisa menangkap agenda-agenda kerakyatan dan aspirasi kemajuan bangsa untuk selanjutnya diwujudkan dalam kebijakan," ucap Rektor.

Dalam sistem acara tersebut, Bacapres memiliki waktu selama 10 menit untuk membicarakan gagasan yang akan dipaparkan nya. Hal ini sangat membantu rakyat Indonesia agar bisa lebih mantap untuk memilih siapa yang pantas dan layak memimpin bangsa Indonesia untuk lima tahun ke depan.

Dalam acara ini juga ditayangkan LHKPN dari masing-masing Bacapres, yang dimana dari acara tersebut juga kita bisa mengetahui lebih jelas dan detail nya mengenai program kerja dari masing-masing calon presiden. Ini sesuai dengan Asas Keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintah karena para calon presiden juga diharuskan menjawab pertanyaan dari para audiens yang bertanya.

 "Kesempatan menyampaikan gagasan ini sangat penting untuk masyarakat melihat langsung bagaimana rekam gagasan, rekam karya, rekam kerja, dan rekam prestasi semua tokoh yang saat ini dicalonkan (maju sebagai calon presiden 2024)," kata Anies.
Bacapres yang pertama memaparkan gagasan nya datang dari, Anies Baswedan. Kata Kunci dari yang Anies Baswedan bicarakan adalah "Keadilan". Setelah itu, Anies mengungkapkan akan membuat lapangan pekerjaan yang setara bagi semua rakyat Indonesia. Untuk bisa mewujudkannya, kota kota yang menjadi pusat pengembangan perekonomian akan ditambah. 

"Kita menginginkan dan merencanakan kota-kota di seluruh Indonesia, minimal 14 kota menjadi mesin penggerak perekonomian yang memungkinkan bagi semua untuk mendapatkan lapangan pekerjaan yang setara," ucap Anies.

Gagasan Anies Baswedan:
1. Kesehatan
2. Pendidikan
3. Lapangan Pekerjaan yang setara bagi semua rakyat Indonesia
4. Penegakan Hukum
"Negri Ini punya kesempatan untuk maju, tetapi selama kepastian hukum, penegakan hukum tidak menjadi prioritas, maka tata kelola pemerintahan tidak berjalan dengan baik, praktik korupsi akan terus ada dimana-mana," ucap Anies.

LHKPN dari Anies Baswedan sendiri yaitu:
Total Harta Kekayaan, Rp 11.187.431.089
Hutang, Rp 7.553.851.659


Kompas.id (Dokumentasi Humas UGM)

Pemaparan gagasan yang kedua datang dari, Ganjar Pranowo. Ganjar menampilkan Transformasi 6 Pilar Strategis, yang memuat Pangan, Lingkungan, Pendidikan dan kesehatan, Digital, Penegakan hukum, Energi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline