Lihat ke Halaman Asli

Menghadapi Era Digital: Peran Penting Media Sosial dalam Praktik Public Relations

Diperbarui: 15 Mei 2023   07:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: https://www.linkedin.com/pulse/functions-activities-public-relations-department-brando-bruschi

Media sosial adalah platform digital yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi ataupun mencari informasi dan terhubung dengan orang lain secara online. Saat ini media sosial telah menjadi bagian penting dari kehiupan modern kita, baik secara pribadi maupun profesional. Platform ini memungkinkan kita untuk berhubungan dan juga meningkatkan koneksi dengan orang-orang di seluruh dunia. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang peran penting media sosial dalam praktik public relations.

Media sosial menjadi sangat populer dan telah mengalami pertumbuhan pesat sejak awal tahun 2000-an. Berbagai bentuk media sosial telah bermunculan, termasuk jejaring sosial seperti Facebook, Linkedln, dan Twitter, serta paltform berbagi foto dan video seperti Instagram dan Tiktok. Media sosial juga penting bagi perusahaan dan organisasi, ketika mereka memasarkan produk atau jasa mereka. Media sosial memungkinkan mereka untuk mendapatkan produk mereka ke khalayak yang lebih luas dengan biaya lebih rendah daripada metode pemasaran tradisional.

Menurut J.C Seidel dalam (D. P. Kussanti & Leliana, 2018) mengatakan bahwa  "Public Relations adalah proses kontinu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill (itikad baik) dan pengertian dari pelanggan, pegawai, dan publik yang lebih luas".

Media sosial dan Public Relations (PR) adalah dua bidang yang saling berhubungan erat dalam praktik komunikasi pemasaran modern. Dengan perkembangan teknologi, media sosial telah menjadi platform yang tak tergantikan untuk membangun hubungan dan memperkuat merek.

Media sosial memainkan peran yang sangat penting dalam praktik PR karena memungkinkan para praktisi public relations untuk meningkatkan jangkauan pesan, membangun keterlibatan dan interaksi dengan pengikut, serta memantau dan menganalisis reaksi pengguna terhadap perusahaan atau organisasi mereka.

Pertama, media sosial menawarkan public relations kesempatan untuk memperluas jangkauan pesan dan dan meningkatkan visibilitas merek atau organisasi. Menggunakan berbagai platform media sosial, praktisi public relations dapat mengirim pesan langsung kepada target audiens mereka.

Kedua, media sosial memungkinkan para praktisi public relations membangun keterlibatan dan dan interaksi dengan pengikut mereka. Dengan memfasilitasi percakapan, memposting konten yang relevan, dan menanggapi komentar serta pertanyaan, praktisi public relations dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiensnya.

Ketiga, media sosial dapat digunakan sebagai alat untuk mengelola krisis dalam suatu perusahaan ataupun organisasi. Dalam situasi darurat, media sosial dapat digunakan untuk memberi informasi kepada publik secara cepat dan akurat serta menjawab pertanyaan dari pengguna media sosial. Dengan media sosial, perusahaan dan organisasi dapat meningkatkan citranya dalam situasi krisis dan membangun kembali kepercayaan pelanggan.

Keempat, media sosial dapat membantu perusahaan atau organisasi membangun reputasi merek. Konten positif dan keterlibatan dengan pelanggan dapat membantu suatu perusahaan membangun reputasi mereka dan menunjukan komitmen mereka terhadap nilai sosial dan lingkungan yang positif.

Secara keseluruhan memang sosial media memiliki peran penting dan dampak yang signifikan pada interaksi sosial, pemasaran, dan kesadaran sosial. Bagi perusahaan atau organisasi yang telah memahami pentingnya peran media sosial dalam public relations dan menggunakannya secara efektif dapat memperoleh keuntungan yang besar dalam membangun hubungan positif dengan target audiens dan memperkuat citra perusahaan mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline