Lihat ke Halaman Asli

Manajerialship dan Pengambilan Keputusan, Seni Memilih Keputusan yang Tepat

Diperbarui: 30 September 2024   01:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Pengambilan keputusan adalah sebuah proses memilih beberapa alternatif dengan maksud untuk mencapai ke arah kondisi yang diharapkan. Sedangkan yang dimaksud dengan proses adalah serangkaian tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, yang dalam hal ini tujuan tersebut adalah membuat keputusan. Rangkaian tindakan atau kegiatan tersebut terdiri dari enam langkah yaitu mendefinisikan atau mengidentifikasi masalah atau situasi yang dihadapi atau peluang yang muncul, merancang solusi yang dapat dicapai atau mendefinisikan sasaran atau tujuan yang hendak dicapai, mengembangkan dan mengevaluasi alternatif, memilih alternatif terbaik, mengimplementasikan alternatif yang dipilih dan mengevaluasi keputusan yang diambil.

B. Pengambilan keputusan yang baik merupakan bagian penting dari manajemen yang baik. Keputusan yang diambil menentukan bagaimana organisasi menyelesaikan masalah, mengalokasikan sumber daya, dan mencapai sasaran. 

Berikut adalah beberapa cara untuk mengambil keputusan yang efektif:

1. Identifikasi masalah yang membutuhkan pengambilan keputusan.

2. Kumpulkan informasi dan data pendukung dari internal maupun eksternal organisasi.

3. Buat alternatif pilihan.

4. Timbang informasi yang diperoleh.

5. Tentukan pilihan dari berbagai alternatif yang ada.

6. Jalankan keputusan yang diambil.

7. Review dan evaluasi keputusan yang diambil.

Dalam proses pengambilan keputusan, manajer dapat melakukan hal-hal berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline