Lihat ke Halaman Asli

Salwa Mumtazah

Mahasiswi STEI SEBI

Menjaga Hafalan Al-Qur'an di Luar Pesantren

Diperbarui: 22 Februari 2023   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image: unsplash.com/Ashkan Forouzani

Cita-cita untuk menghafal Al-Qur'an 30 juz sudah tertanam semenjak kelas 1 SMP. 6 tahun dipesantren menghafal Al-Qur'an semakin mudah dengan progam yang baik, bagus, dan dibimbing oleh ustadzah halaqoh. Hafal  Alqur'an 30 juz pun terwujud.

Setelah mengetahui kalau kita punya hafalan Alqur'an 30 juz, langkah berikutnya adalah menjaganya. Cara menjaga hafalan Al-Qur'an adalah dengan selalu memurajaah (mengulang) hafalan tersebut.

Selama masih dipesantren, murojaah itu terasa mudah walaupun aslinya terkadang terasa berat, lelah, capek, dan bosan. Karena dengan bimbingan ustadzah halaqoh serta program-program dari pesantren, murojaah pun teratur dan lebih mudah. 

Akan tetapi apa yang akan terjadi ketika kita sudah lulus atau sudah keluar dari pesantren?  Yang tadinya ada yang mengatur saat dipesantren, ketika sudah diluar pesantren, diri kita sendrilah yang harus mengatur agar hafalan tersebut tetap terjaga. 

Yang sering kali terjadi ketika kita sudah di luar pesantren, kita sering kali lupa untuk memurojaah hafalan kita karena sibuk dengan gadget kita, kita sibuk akan tugas-tugas kuliah, sibuk dengan urusan-urusan yang lain sehingga hafalan Alqur'an 30 juz tersebut sedikit demi sedikit menghilang. 

Lalu apa sih yang sebaiknya kita lakukan agar hafalan tersebut tetap terjaga walaupun kita berada di luar lingkungan pesantren? Maka dari itu, yuk, simak pada artikel berikut.

Agar hafalan Al-Qur'an tetap terjaga walaupun kita sudah tidak berada di lingkungan pesantren, yaitu adalah dengan:

1. Luangkan Waktu

Ada sebuah ungkapan dari para hamilul Qur'an yaitu, menghafal Al-Qur'an bisa dilakukan di waktu luang, karena mengulang hafalan harus meluangkan waktu kita.

Artinya jika kita sudah dianugerahi hafalan Al-Qur'an 30 juz, maka tugas kita adalah harus menjaga hafalan itu dengan baik. Sebab Alqur'an itu amanat yang diberikan Allah kepada orang-orang teristimewa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline