Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Area Lahan Basah di Daerah Kecamatan Mandastana

Diperbarui: 12 September 2024   18:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Google Maps (dokpri)

Nama : Salwa Dwi Meisya

NIM : 2410416320047

Dosen Pengampu : Dr. Rosalina Kumalawati, S.Si, M.Si.

Mata Kuliah : Pengantar Lahan Basah Prodi Geografi, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Apakah anda tahu bahwa paru-paru bumi adalah hutan? Ternyata lahan basah juga memiliki peran yang sama pentingnya dalam menyerap karbondioksida & menghasilkan oksigen. Lebih dari sekedar genangan air, ekosistem unik ini memainkan peran krusial dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan mendukung berbagai kehidupan makhluk hidup. Ekosistem ini tidak hanya kaya akan biodiversitas, tetapi juga berperan sebagai benteng alami dalam menghadapi perubahan iklim. 

Ancaman terhadap kelestarian lahan basah semakin meningkat, mengancam keberlangsungan hidup masyarakat dan lingkungan. Tersembunyi diantara pulau-pulau Nusantara, lahan basah indonesia menyimpan rahasia keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Namun, keindahan ini terancam oleh berbagai aktivitas manusia yang merusak.

Berikut beberapa objek lahan basah yang dapat ditemui di daerah Kecamatan Mandastana :

1. Tanaman Pangan 

Pentingnya tanaman pangan bagi kehidupan manusia, sejarah singkat tanaman pangan, dan peran tanaman dalam peradaban. Pada pengelompokan tanaman pangan ada beberapa contoh seperti, padi-padian, kacang-kacangan, dan umbi-umbian. 

Secara ringkas, sawah memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan lingkungan. Selain sebagai sumber pangan, sawah juga berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem, melindungi lingkungan, dan memberikan manfaat sosial dan budaya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline