Lihat ke Halaman Asli

Strategi Pada Usaha UMKM

Diperbarui: 22 Januari 2025   12:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pedagang UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian, menurut kementerian
koperasi dan UKM, Kontribusi UMKM terhadap PDB dan lapangan kerja sangat bagus. Oleh
karna itu strategi pemasaran yang efektif menjadi krusial untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha.Mie bakso adalah salah satu makanan kuliner yang populer di Indonesia, Strategi pemasaran yang bagus dapat membantu pedagang UMKM mie bakso untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjual.Inovasi dalam produk juga menjadi bagian penting. UMKM mie bakso dapat mencoba variasi baru, seperti mie bakso dengan bahan organik, pilihan rasa yang beda, atau penawaran penyuka sayuran atau juga di sebut vegetarian.WOM marketing,adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan
rekomendasi pelanggan untuk mempromosikan produk atau layanan. Dalam artian setiap pelanggan yang membeli bakso bapa bahdim ini jika mereka puas dengan mie bakso ini maka mereka akan merekomendasikan kepada orang terdekat mereka. Dengan begitu, mie bakso ini dapat mempunyai banyak pelanggan dan dapat di kenal banyak orang.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline