Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UB Berikan Pelatihan Digital Branding dan Digital Marketing untuk UMKM Desa Karangturi

Diperbarui: 12 Agustus 2023   20:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kelompok 470 Desa Karangturi

Pada minggu kedua pelaksanaan MMD-1000D, kelompok 470 MMD UB yang berlokasi di Desa Karangturi, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek telah melangsungkan kegiatan pelatihan kepada UMKM yang berlangsung selama dua hari. Kegiatan pelatihan UMKM merupakan salah satu program kerja unggulan yang dimiliki oleh kelompok 470 MMD UB. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 13-14 Juli 2023 yang berlokasi di pendopo Karangturi Waterpark.

Adapun kegiatan pada hari pertama, materi yang dibahas mengenai pengenalan terhadap aplikasi TikTok dan TikTok Shop yang dibawakan oleh Rayhan Albaihaqi dan Endras Febriana yang keduanya merupakan mahasiswa dari PSDKU UB Kediri program studi Agribisnis. Adapun acara hari pertama dibuka dengan sambutan dari Ibu Kepala Desa Karangturi, yaitu ibu Nuryanti dan Koordinator Desa Kelompok 470 Lorenza Widea Lestari. Pada hari pertama acara berlangsung dengan meriah yang diikuti oleh para pelaku UMKM di Desa Karangturi dengan rentang usia 17 -- 47 tahun. Para pelaku juga diajak untuk mempraktikkan langsung pembuatan akun TikTok dan pendaftaran akun TikTok Shop.

Hari kedua pelatihan membahas mengenai materi digital branding dan digital marketing yang dibawakan oleh Sabrina Frisca dari Fakultas Pertanian program studi Agroekoteknologi dan Dwi Fitrotul Amalia dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi. Digital branding sendiri yang diberikan adalah mengenai pelatihan dalam pembuatan label menggunakan Canva. Sedangkan materi digital marketing yaitu membahas mengenai materi pembuatan video promosi produk UMKM menggunakan CapCut serta bagaimana cara mengintegrasikannya dengan aplikasi TikTok yang sudah dibahas di pelatihan hari pertama. Pada hari kedua ini, para pelaku UMKM diminta untuk membawa hasil produknya untuk dilakukan pengambilan video untuk mempromosikan produk UMKM.

Dokumentasi Kelompok 470 Desa Karangturi

Dari kegiatan pelatihan UMKM selama 2 hari ini kepada para pelaku UMKM di Desa Karangturi terlihat bahwa mereka sangat antusias. Dengan demikian, pelaksanaan pelatihan MMD-1000D di Desa Karangturi berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang berharga bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka melalui platform digital.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline