Lihat ke Halaman Asli

Tips Menimbulkan Rasa Berani Berbicara di Depan Umum

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Karena masih banyak orang yang tidak tau cara untuk mengendalikan ketakutan, maka setiap orang yang berbicara di depan pasti akan gugup. Berikut adalah tips untuk menimbulkan rasa keberanian berbicara di depan umum menurut Dale Carniagie :

1. LETAKKAN HATI ANDA PADA TOPIK PEMBICARAAN

Perasaan menentukan saat Anda berbicara. Jika Anda berbicara dengan sepenuh hati, maka para pendengar Anda akan tertarik sepenuhnya pada Anda untuk mendengarkan. Ketulusan, semangat, dan bersungguh-sungguh akan membantu Anda.

2. LATIHAN MEMBUAT SUARA ANDA KERAS DAN LUWES

Jika kita sedang berbicara banyak gerakan fisik yang kita lakukan seperti menggerakan tangan, bahu, dan kepala. Public Speaker yang baik akan selalu mengembangkan kekayaan kata, imajinasi, dan gaya berbicara serta ekspresi. Belajar Public Speaking itu harus banyak latihan atau untuk menambah ilmu Public Speaking Anda dapat mengikuti seminar Public Speaking atau Training Public Speaking.

3. HANCURKAN RASA SADAR ATAS DIRI SENDIRI YANG MENGHALANGI ANDA

Rasa takut dan kurang percaya diri adalah hambatan yang paling terbesar berbicara di depan umum. Rasa kikuk secara fisik dan mental menyebabkan banyak pembicara bersikap tidak wajar di depan umum. Cara mudah menghadapi rasa itu semua adalah sekali saja Anda melupakan diri sendiri saat berbicara di depan umum, maka sikap dan cara berbicara Anda akan normal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline