Lihat ke Halaman Asli

Saluyo

mahasiswa/karyawan swasta

Pentingnya Pendidikan dan Pelatihan dalam Mengurangi Masalah Pengangguran

Diperbarui: 14 Maret 2024   01:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cdn.rri.co.id


  • PENGANGGURAN

Pengangguran merupakan salah satu masalah utama di banyak negara termasuk Indonesia, yang dapat berdampak pada stabilitas sosial hingga ekonomi.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pengangguran adalah keadaan menganggur atau tidak melakukan apa-apa atau tidak bekerja. Pengangguran dikaitkan dengan terbatasnya lapangan pekerjaan dan mutu Pendidikan. Indonesia memiliki tingkat pengangguran terbuka pada Agustus 2022 mencapai 5,86 persen atau sekitar 8,4 juta jiwa dari 209,42 juta penduduk usia kerja, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

 

Bagaimana pendidikan dan pelatihan dapat membantu mengurangi pengangguran?

Pendidikan dan pelatihan dapat membantu mengurangi pengangguran struktural, yaitu pengangguran yang disebabkan oleh ketidakcocokan antara kualifikasi tenaga kerja dengan persyaratan pekerjaan.

  • PENDIDIKAN

Pendidikan dimaknai sebagai upaya sadar untuk mengembangkan individu, kelompok, dan masyarakat agar memiliki nilai-nilai, keterampilan, dan pengetahuan yang berguna untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dalam Undang undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diungkapkan bahwa pendidikan Indonesia adalah usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi individu demi tercapainya kesejahteraan pribadi, masyarakat dan negara. 

Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa pendidikan di Indonesia diselenggarakan sebagai salah satu upaya dalam pencapaian kesejahteraan dan pengurangan kemiskinan. Dengan memiliki pendidikan dan ketrampilan seseorang akan mampu untuk mendapatkan penghasilan.

 

miro.medium.com

 

 

  • Pendidikan sebagai investasi jangka panjang.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline