Lihat ke Halaman Asli

SALTAVIA NUA PAMORENDA

Undergraduate Public Health Student at Airlangga University

Remaja Wanita dan Anemia

Diperbarui: 12 Agustus 2024   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kurang darah atau yang biasa disebut anemia, istilah yang sering didengar tetapi kebanyakan orang belum mengerti apa itu anemia. Apakah anemia itu berarti punya riwayat darah rendah? Kedua masalah kesehatan ini sering kali disamakan.

Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah dalam tubuh berada di bawah batas normal. Hal ini terjadi karena kurangnya hemoglobin. Hemoglobin sendiri berfungsi dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Itulah mengapa orang yang menderita anemia pasti cepat merasakan lelah karena kurang mendapatkan oksigen. Sedangkan darah rendah adalah kondisi di mana tekanan darah di bawah normal.

Anemia bisa menyerang siapa saja, tetapi sering kali menyerang wanita terutama wanita hamil dan remaja wanita. Remaja wanita setiap bulannya mengalami menstruasi sehingga tentu saja sel darah merah dalam tubuhnya berkurang. Tidak sedikit remaja wanita memandang sepele anemia atau bahkan tidak tahu apa itu anemia. Perlu diketahui beberapa gejala anemia, yaitu terlihat sangat lelah, pucat, nafas pendek, detak jantung berdebar lebih cepat daripada biasanya, serta sering mengalami pusing. Diperlukannya kesadaran dalam diri agar tidak menganggap remeh gejala-gejala tersebut.

Remaja wanita pasti menstruasi, bukan berarti membiarkan anemia itu terjadi. Anemia tetap bisa dicegah salah satunya dengan mengonsumsi TTD secara berkala. Si merah tetap butuh si merah yang lain. Tidak sedikit orang mengembalikan TTD yang telah dibagikan rutin atau malah sengaja membuangnya. Banyak yang bilang TTD memiliki bau amis, itulah alasan mereka tidak mau mengonsumsinya. Ada beberapa cara untuk menutupi bau amis ini, pertama tutup hidung saat mengonsumsinya, kedua cepat-cepat diberi minum air putih. Anemia terjadi tidak hanya karena kekurangan sel darah merah tetapi juga kurangnya asupan nutrisi. Oleh karena itu, perlu juga mengatur makanannya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi serta memiliki kandungan zat besi.

Sumber : 

https://ayosehat.kemkes.go.id/mengenal-gejala-anemia-pada-remaja

https://puskesmassigerongan-dikes.lombokbaratkab.go.id/artikel/mengenal-lebih-dekat-anemia-gejala-penyebab-dan-pengobatan/

https://kaliwulu.desa.cirebonkab.go.id/artikel/2024/7/28/penyuluhan-tablet-tambah-darah-untuk-menghindari-anemia-pada-remaja-putri-di-smp-it-darul-maarif-1




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline