Lihat ke Halaman Asli

Menyalakan Pijar Pendidikan di Kelas Merdeka: Program Kampus Mengajar Angkatan 5 di SDN Gunungsari

Diperbarui: 30 Juli 2023   22:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang dicetuskan oleh Kemendikbud Ristek dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan melalui kontribusi mahasiswa. Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 5 dilaksanakan di SDN Gunungsari yang beralamat di Dusun Kemangen, Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. 

Kegiatan mahasiswa dalam program Kampus Mengajar sebagai pengimplementasian program Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan di SDN Gunungsari berfokus pada peningkatan literasi dan numerasi, SDGs, pengenalan teknologi, dan mengembangkan inovasi pembelajaran. Melalui kerjasama dengan Kepala Sekolah beserta guru dan karyawan SDN Gunungsari, penulis bertekad untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya sekitar sehingga dapat memenuhi unsur pemberdayaan, pendampingan, pengabdian, serta edukasi kepada masyarakat. 

Tujuan pelaksanaan program kerja dalam Kampus Mengajar Angkatan 5 sebagai pengimplementasian KKN yakni sebagai berikut : 

  • Peningkatan Literasi dan Numerasi : dengan mengadakan gerakan literasi 15 menit setiap hari Kamis, mengadakan pojok baca, mengelola perpustakaan, mengadakan kelas numerasi, quizz numerasi, dan pembelajaran yang berbasis literasi dan numerasi dengan berbagai inovasi mulai dari media, metode, dan model pembelajaran. Selain itu juga diadakan program klinik edukasi yakni les sepulang sekolah untuk siswa yang kurang dalam literasi dan numerasi. 

    pembelajaran di kelas dengan inovasi media, metode, dan model pembelajaran

  • Program SDGs (Suistainable Development Goals) : Kegiatan berupa Jumat Bersih, Jumat Sehat, membuat Taman Sains, membuat poster tentang kebersihan, memilah sampah, dan membuat karya dari sampah yakni pot gantung dari botol bekas. 

    Kreasi pot gantung dari botol bekas

    Senam Jumat sehat

  • Adaptasi Teknologi : Kegiatan berupa pelatihan desain dengan canva, pelatihan Microsoft Office Word, Excel, dan Power Point, serta penerapan teknologi dalam pembelajaran yakni mengajar dengan media video dan kuis menggunakan aplikasi interaktif seperti quizizz. Selain itu juga membantu guru dalam mengaktifkan akun instagram sekolah dan membuat brosur PPDB. 

    Brosur PPDB Sekolah 

    Pelatihan Desain

  • Program kerja lainnya : Kegiatan berupa penataan perpustakaan, membuat buku kunjungan perpustakaan dan kartu perpustakaan, mengecat ruang kelas supaya siswa betah dan nyaman di kelas,

    Mengecat ruang kelas

    Selain itu kami juga mengadakan kegiatan semarak ramadhan yang diisi dengan kajian islami serta lomba melukis dan adzan

Kegiatan kajian islami

Berikut ini dokumentasi beberapa kegiatan pembelajaran dikelas dengan praktikum, dan menggunakan metode digital yang pernah dilakukan 

Belajar dengan media video 

Praktikum filtrasi 

Kegiatan KBM




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline