Lihat ke Halaman Asli

Salsa Rizqika Maharani

mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dengan NIM : 20107030114

Tips Mengontrol Minyak dan Jerawat di Area T-Zone Wajah

Diperbarui: 23 Juni 2021   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

T-zone merupakan area pada wajah dengan produksi minyak paling banyak daripada area lainnya. Saat produksi minyak tidak dikontrol dengan baik akan memicu komedo dan jerawat di area tersebut. Untuk kamu pemilik kulit berminyak dan kombinasi biasanya akan dihadapi dengan berminyaknya di area T-zone wajah (dahi, hidung dan dagu) dimana produksi minyak yang dihasilkan akan lebih banyak daripada area sekitarnya, sehingga memicu permasalahan yang disebabkan pori-pori tersumbat oleh sebum berlebih seperti komedo hingga jerawat yang letaknya di sekitar area T-zone tersebut.

Kondisi ini perlu dilakukannya perawatan yang dapat menyeimbangkan kandungan hidrasi dan minyak di dalam kulit sehingga kelembapan terjaga dan membuat produksi sebum tidak dihasilkan secara berlebih.

Untuk informasi mengenai tips mengontrol minyak dan jerawat di area T-zone wajah langsung aja cek dibawah yuk!

Di dalam kulit wajah terdapat banyak kelenjar seperti kelenjar keringat dan lemak. Sebagian besar kelenjar minyak terdapat pada daerah T, yang menyebabkan area tersebut menghasilkan minyak lebih banyak dibanding area wajah lainnya, sehingga T-zone sangat rentan terhadap minyak dan jerawat. Jerawat terjadi ketika minyak berlebih bercampur dengan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga menciptakan komedo sebelum terjadi peradangan.

Seperti yang kita ketahui, sebum berlebih sangat dipengaruhi oleh faktor internal terutama hormon, stress dan makanan. Untuk itu perlu menjaga dan memperhatikan faktor tersebut agar tidak menggangu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak.

Stress jangka panjang membuat hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Karena pada saat itu terganggunya kadar hormon yang mengatur keseimbangan sebum untuk memproduksi lebih banyak minyak. Meskipun sulit, namun akan terlihat perubahan terhadap area berminyak.

Istirahat yang cukup dapat mengurangi stress. Dengan kualitas tidur yang baik salah satu cara terbaik untuk mengurangi stress. Idealnya tidur selama 7-8 jam setiap malam. Jika beberapa tips belum mengurangi tingkat stress, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan professional (meditasi, konsultasi).

Mengurangi asupan indeks glikemiks tinggi seperti olahan susu, keju, coklat, makanan dengan gula tinggi dan olahan tepung (makanan kaya karbohidrat olahan) seperti roti, nasi putih dan pasta mie lainnya juga dapat membantu mengurangi minyak dan jerawat pada wajah. Kamu juga bisa memanfaatkan kertas minyak untuk membantu menyerap minyak berlebih secara instan.

Bagi pemilik kulit berminyak, kombinasi cenderung berminyak dan lebih sering menggunakan makeup untuk beraktifitas , disarankan menerapkan pembersihan wajah dengan teknik double cleansing untuk memaksimalkan secara menyeluruh.

Salah satu cara terbaik untuk mengontrol T-zone yang berminyak adalah dengan membersihkan wajah secara teratur dengan Menggunakan gentle cleanser dan menerapkan teknik double cleansing. Dengan menerapkan teknik double cleansing dapat mengangkat makeup dan minyak berlebih secara menyeluruh. Kamu bisa menggunakan cleasing balm atau oil liquid cleanser yang mengandung bahan dasar minyak yang efektif melarutkan makeup dan juga sebum berlebih pada kulit, dengan menerapkan double cleansing pada wajah kamu bisa mencegah pori-pori tersumbat akibat pembersihan yang kurang maksimal.

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa lanjut dengan menggunakan hydrating toner untuk menyeimbangkan PH alami dan hidrasi kulit. Saat PH alami kembali normal dan hidrasi terjaga, maka kelenjar minyak tidak akan menghasilkan sebum berlebih karena kelembapannya telah cukup.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline