Lihat ke Halaman Asli

salsa Miftha

Mahasiswa

Memaknai Ramadhan dengan Kedermawanan Berbagai Hidangan

Diperbarui: 8 Juni 2024   02:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Memaknai Ramadha dengan Kedermawanan Berbagai Hidangan

Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti "Berbeda-beda namun tetap satu", mengajarkan pentingnya menghargai perbedaan dan bekerja sama dalam kebersamaan. Dalam konteks kehidupan sehari-hari, nilai-nilai ini tercermin dalam sikap saling peduli dan tolong-menolong antar individu dari berbagai latar belakang. Masyarakat Indonesia mengambil inspirasi dari nilai-nilai ini untuk membangun kesadaran akan pentingnya membantu sesama, tanpa memandang perbedaan agama, suku, atau budaya.

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan suci yang sangat dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Muslim di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia yang memiliki populasi Muslim terbesar, menyambut bulan ini dengan penuh kegembiraan. Berbagai kegiatan dilakukan untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini, salah satunya adalah berbagi. 

Melalui kegiatan berbagi, kita tidak hanya membantu mereka yang membutuhkan, tetapi juga mendorong orang lain untuk melakukan kebaikan. Tindakan penuh kasih kita akan selalu dikenang dan memberikan dampak positif bagi sesama. 

Tujuan berbagi ini mencerminkan nilai Bhinneka Tunggal Ika yang menekankan kepedulian dan saling membantu sesama. Dengan demikian, tujuan tersebut adalah untuk meningkatkan rasa peduli dan empati terhadap situasi orang lain, sekaligus memperkuat ikatan sosial dan rasa kebersamaan di antara sesama manusia.

Salah satu contohnya yaitu melalu pengabdian kepada masyarakat dengan berbagi makanan pada bulan Ramadhan yang terlaksana pada bulan April 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan nilai Bhinneka Tunggal Ika sebagai Identitas Negara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline