Lihat ke Halaman Asli

Salsabilla Ardiningrum

Mahasiswa Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya

Yuk Intip Tips dan Trik Cara Berpakaian Mahasiswa FEB

Diperbarui: 13 Mei 2024   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pengertian Etika

Dikutip dari laman https://jurnalisbengkulu.com , etika berpakaian merupakan salah satu faktor penting yang dipertanggung jawabkan oleh suatu individu yang terdapat dalam sebuah komunitas. Adapun beberapa penerapan etika berpakaian yang baik yaitu:

  • Menutup aurat dengan benar, dengan kata lain tidak ketat atau terlalu membentuk tubuh.
  • Sebagai mahasiswa, diupayakan menghindari pakaian berbahan dasar kaos. Alternatifnya dapat memakai pakaian dengan bahan kain katun dan sebagainya.
  • Berpakaianlah yang rapi dan bersih. Hal ini menghindari mengganggu konsentrasi atau pandangan orang sekitar.

Ada Apa Dengan Mahasiswa FEB?

Berbicara tentang kode etik berpakaian, maka hal ini perlu di pahami bagi mahasiswa dalam kesehariannya berbusana di kampus. Terlebih pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dituntut untuk belajar berpakaian formal dan rapi guna mempersiapkan dunia kerja mendatang. Dengan begitu, dampak positif bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut adalah telah siap atau telah membekali diri mereka untuk bagaimana berpakaian modern tetapi tetap mengikuti kode etik berpakaian.

Referensi Berpakaian

Beruntung sekali jika kalian sekarang membaca artikel ini, karena saya akan memberikan contoh referensi berpakaian mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang benar saat dikampus.

Gambar di atas bagian sampul adalah salah satu contoh referensi padupadan, yang bisa kalian gunakan saat presentasi perkuliahan. Dengan celana panjang berbahan kain, dipadukan dengan jas berwarna lebih gelap akan membuat style formal. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan aksesoris sebagai pemanis style kalian. Seperti menggunakan jam tangan dan sabuk kecil. Serta, jangan lupa memakai sepatu formal atau flatshoes dan menggunakan celana di bawah mata kaki ya Ladies!

Berbeda dengan referensi yang pertama, untuk referensi yang kedua ini menggunakan sepatu atau sneaker. Dimana style ini memadukan kemeja serta celana kain yang dilengkapi dengan aksesoris jam. Bisa juga dengan menambahkan card necklace untuk meletakan KTM kalian.

Referensi gaya pakaian tadi bisa kamu terapkan ya Ladies!

Namun, jika kalian ingin mengenakan rok untuk terlihat feminim tapi tetap formal, yuk intip referensi di bawah ini!

Referensi selanjutnya yaitu memadukan atasan dengan rok. Untuk atasan memakai kemeja dengan warna yang setingkat seperti warna bawahan, namun warnanya diusahakan lebih terang. Kalian juga dapat menambah aksesoris sebagai pelengkap, contohnya jam tangan, id-card, serta sabuk.

Pilih Style Terbaik Untuk Dirimu!

Nah, setelah melihat 3 referensi di atas, kalian lebih suka yang mana? Sebenarnya masih banyak gaya pakaian yang lagi hits di luar sana. Tapi ingat ya! Kita sebagai mahasiswa, harus memperhatikan situasi serta tempat untuk menentukan gaya berpakaian. Jangan hanya karena sifat fomo, kalian lupa gaya pakaian kalian tidak tepat dengan situasi serta lingkungan saat itu. Karena gaya berpakaian juga dapat menilai kepribadian seseorang. Seperti pepatah Jawa yang mengatakan "Ajining Diri Soko Lathi, Ajining Rogo Soko Busono".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline