Lihat ke Halaman Asli

Salsabilla Putri Rahmandhany

Adiministrasi Publik FISIP UMJ

Mengetahui Fungsi Petugas Protokol

Diperbarui: 17 Juli 2022   07:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Petugas protokol memiliki tugas mengatur dan memberi pelayanan secara langsung yang berkaitan dengan kegiatan pimpinan agar pimpinan mendapatkan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan. 

Petugas protokol digunakan saat acara resmi, acara resmi adalah acara yang diatur dan dilaksanakan oleh Pemerintah atau Lembaga Negara dalam melaksanakan tugas dan fungsi tertentu dan dihadiri oleh pejabat Negara dan atau pejabat Pemerintah serta undangan lain. Maka dari itu seorang petugas protokol harus memiliki sifat yang cekatan dan profesional dalam bertugas.

Osborn dan Gabreal (2008) menyampaikan bahwa keberhasilan sesuatu kegiatan akan ditentukan oleh kemampuan seseorang dalam melakukan pengarahan, pengaturan dan pengendalian. 

Karena itu dalam setiap kegiatan apa pun dibutuhkan seseorang yang mampu mengarahkan, mengatur dan mengendalikan faktor pendukung sehingga tujuan yang direncanakan dapat dicapai sesuai yang diharapkan. Maka dari itu seorang petugas protokol harus memiliki sifat yang cekatan dan profesional dalam bertugas.

Petugas protokol memiliki sifat yang multifungsi dalam menjalankan tugasnya dalam arti selaku

  1. Perencana : Suatu kegiatan sudah pasti memiliki suatu perencanaan yang matang agar yang akan dilakukan dapat terkoordinasi dengan baik dan ter arah dalam melaksanakan tugas. Perencanaan dapat berupa penentuan sasaran, pembuatan perkiraan keadaan, rencana acara, program, tata aturan, tata acara dan lain sebagainya. petugas protokol setelah mendapatkan informasi dari prtugas yang berwenang segera merencanakan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai petigas protokoler.
  2. Pemandu : Petugas protokol dapat menjadi sebuah pemandu atau pemberi informasi maka dari itu petugas protokol harus memahami apa yang harus diinformasikan kepada pejabat, tamu, sesama petugas. Misal dalam memberikan info mengenai tempat, petugas protokol sudah harus memahami semua tata letak dari mulai pintu keluar, toilet, dan lain sebagainya  
  3. Peloby : Petugas protokol disni harus memili rasa percaya diri, keberanian, menghadap seseorang yang mempunyai kedudukan (pejabat) dan mengetahui etiket, sopan santun, cara berbicara dan memberikan informasi yang tepat dan akurat terhadap orang tersebut
  4. Manager : Petugas protokol mempunyai kemampuan memahami aturan-aturan keprotokolan dan juga dituntut untuk mampu menjalankan fungsi-fungsi manajemen,mulai dari perencanaan, mengorganisasi,mengarahkan,pengawasan, dan evaluasi kegiatan yang telah terlaksana agar dapat di perbaiki di kegiatan selanjutnya
  5. Pekerja umum : Petugas protokol akan mengerjakan tugas diluar pekerjaan yang semestinya tidak dikerjakanseorang petugas protokol. Misal bila ada sebuah masalah yang diluar rencana seorang petugas protokol harus dapat bertanggung jawab dengan permasalahan tersebut
  6. Pelayan : Petugas protokol memiliki dasar pengetahuan tentang keprotokolan yang dimana harus siap sedia memberikan pelayanan atau membantu kebutuhan pejabat atau tamu negara dengan memenuhi kebutuhan dalam ruang lingkup keprotokolan saja.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline