Lihat ke Halaman Asli

SalsaBilla

Mahasiswa

Teori lev vygotsky dan Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 18 Januari 2025   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berikut penjelasan tentang teori perkembangan sosial dan kognitif menurut Lev Vygotsky dan Jean Piaget secara mendetail:

1. Teori Lev Vygotsky: Zone of Proximal Development (ZPD) dan Peran Sosial

Inti Pemikiran

Lev Vygotsky (1896-1934) menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif manusia. Ia percaya bahwa pembelajaran terjadi melalui hubungan dengan orang lain, khususnya melalui bimbingan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih kompeten.

*Konsep Utama dalam Teori Vygotsky

-Zone of Proximal Development (ZPD)

ZPD adalah jarak antara kemampuan yang dimiliki anak untuk menyelesaikan tugas sendiri (kemampuan aktual) dengan potensi yang bisa dicapai dengan bantuan atau bimbingan.

Dalam ZPD, pembelajaran optimal terjadi saat anak dibantu untuk mencapai pemahaman yang tidak dapat dicapai sendiri.

-Scaffolding

Scaffolding adalah strategi di mana orang dewasa atau pembimbing memberikan dukungan sementara kepada anak untuk menyelesaikan tugas di dalam ZPD mereka.

Dukungan ini dikurangi secara bertahap saat anak mulai mampu melakukannya sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline