Lihat ke Halaman Asli

Gunakan Handscoon dan Cat Air, Mahasiswi KKN UNS Era Covid-19 Lakukan Edukasi Cuci Tangan

Diperbarui: 28 Juni 2020   18:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

MAGELANG, JAWA TENGAH. Saat ini COVID-19 menjadi pandemi di seluruh dunia yang mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat di berbagai bidang seperti kesehatan, sosial, dan ekonomi. 

Berbagai kebijakan dan imbauan telah disampaikan oleh pemerintah untuk mencegah penularan COVID-19, namun kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai COVID-19 menyebabkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan. 

Oleh karena itu, Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merekognisi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bentuk penerjunan mahasiswa sebagai Relawan UNS Tanggap Wabah COVID-19 atau KKN Era COVID-19 di wilayah tinggal masing-masing. Kegiatan KKN UNS ini dimulai sejak pelepasan batch 1 yaitu tanggal 1 Mei 2020 hingga 19 Juni 2020.

 Wilayah RT 05/ RW 02, Kliwonan 2, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang menjadi tujuan Salsabila Resaputri Mulyono, mahasiswa semester 6 Fakultas Kedokteran UNS untuk melaksanakan kegiatan KKN. Salsa, panggilan akrabnya, melakukan beberapa program atau kegiatan KKN sebagai bentuk pengabdian terhadap desanya. 

Berangkat dari masalah kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai 6 langkah cuci tangan efektif menurut World Health Organization (WHO), salah satu program yang dilaksanakan adalah edukasi dan simulasi cuci tangan Klinik BPJS Anugrah dengan memperhatikan protokol kesehatan. 

Terinspirasi dari media sosial, Salsa mencoba menggunakan handscoon dan cat air agar masyarakat mudah menangkap dan mempraktikkan langkah cuci tangan yang baik dan benar di kehidupan sehari-hari. Hal ini terbukti dengan meningkatnya antusiasme masyarakat saat dilakukan edukasi.

Di bawah bimbingan Drs. Wahyudi, M.Pd. sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL), Salsa juga melakukan program KKN lain seperti sosialisasi daring kepada masyarakat RT, pembagian handsanitizer dan masker pemasangan poster mengenai COVID-19, dan juga melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan Kabupaten Magelang mengenai Skrining Mandiri COVID-19 melalui aplikasi JKN Mobile.

Ketua RT 05/RW 02, Kliwonan 2, Grabag, Magelang, Bapak Anis,  turut menyampaikan harapannya terhadap kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNS, "diharapkan dengan adanya KKN semua warga khususnya RT 5 dapat meningkatkan kesadarannya dan paham memakai masker yang benar serta cuci tangan setelah melakukan kegiatan di luar rumah, serta menerapkan jaga jarak atau social distancing."

Oleh    : Salsabila Resaputri Mulyono (G0017186)

DPL    : Drs. Wahyudi., M.Pd.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline