Lihat ke Halaman Asli

Salsabila Qutrunada

Universitas Diponegoro

Bantu Atasi Permasalahan Sampah di Desa Bendosari, Mahasiswa KKN Undip Memanfaatkan Plastik Bekas Menjadi Ecobrick bersama Kelompok Wanita Tani

Diperbarui: 9 Februari 2024   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Kegiatan (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Sampah plastik menjadi salah satu permasalahan dunia yang cukup sulit diatasi karena sifatnya yang sulit untuk terurai. Selain itu, tiap harinya jumlah sampah plastik di dunia terus bertambah. Sampah plastik yang sulit terurai ini menyebabkan banyak kerusakan bagi lingkungan diantaranya menurunkan kadar kesuburan tanah dan menyebabkan kematian pada hewan-hewan di air. Bagi wilayah-wilayah yang masih bergantung pada sektor pertanian seperti halnya di Desa Bendosari, adanya pencemaran sampah plastik tentunya sangat merugikan warga. Maka dari itu untuk menyelesaikan permasalahan sampah plastik yang sulit untuk terurai ini, mahasiswa KKN Undip tim 1 tahun 2023/2024 bekerjasama bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk mengolah bekas sampah plastik menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat salah satunya Ecobrick. 

Pemanfaatan sampah plastik menjadi Ecobrick memiliki banyak manfaat khususnya bagi warga di Desa Bendosari. Selain dapat mengurangi sampah plastik yang sulit untuk terurai ecobrick juga dapat mengurangi polusi udara di Desa setempat karena berdasarkan survey yang dilakukan mahasiswa KKN Undip tim 1 2023/2024, masih terdapat warga yang membakar sampah=sampah mereka di pekarangan rumahnya. Selan itu, ecobrick juga dapat menghemat lahan serta menjadi alternatif bagi petani-petani yang ingin menanam berbagai macam tanaman di lahan yang terbatas. 

Foto Kegiatan (Sumber : Dokumentasi Pribadi )

Program yang dilakukan mahasiswa KKN Undip tim 1 2023/2024 bersama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Bendosari diselenggarakan pada hari Minggu, 28 Januari 2024 di kediaman salah satu warga Desa Bendosari, ibu Sri Lestari. Tujuan dari diadakannya program ini adalah diharapkan masyarakat dapat menggunakan kembali sampah-sampah plastik yang ada di sekitarnya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Pemaparan materi dilakukan dengan metode sosialisasi dan demonstrasi secara langsung terkait pemanfaatan plastik menjadi ecobrick. Terdapat 4 jenis tanaman yang ditanam, diantarnya stroberi, kangkung, cabai, dan terong. Kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusias dari para KWT. Para KWT antusias untuk ikutserta mempraktekkan langkah-langkah pembuatan ecobrick.

Penulis: Tim I KKN Undip 2024

Lokasi: Desa Bendosari, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo

DPL: Ir. Denis, S.T., M.Eng., IPM., ASEAN. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline