Lihat ke Halaman Asli

Salsabila Qutrunada

Universitas Diponegoro

Tingkatkan Literasi Anak-Anak di Desa Bendosari, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pelatihan dan Pendampingan Literasi di SDN Bendosari

Diperbarui: 10 Februari 2024   00:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Kegiatan Pendampingan (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Saat ini kita hidup di era digital dimana teknologi sangat berpengaruh pada setiap aspek dalam kehidupan kita. Tidak hanya itu, teknologi juga sangat mudah diakses dimanapun dan kapanpun sehingga banyak anak-anak yang mahir untuk mengakses teknologi. Kemudahan mengakses teknologi ini menyebabkan adanya kecenderungan untuk mengakses internet sejak dini baik untuk bermain game, maupun mengakses YouTube, dan sosial media lainnya daripada membaca buku. Kecenderungan anak-anak untuk mengakses internet ini mengakibatkan menurunnya tingkat literasi khususnya pada anak-anak di usia dini. 

Berdasarkan survey yang telah dilakukan mahasiswa KKN Undip tim I tahun 2023/2024 terkait kecenderengungan anak-anak di Desa Bendosari untuk mengakses internet atau membaca buku. Kebanyakan anak-anak memilih untuk mengakses internet. Hal ini disebabkan karena kemudahan mengakses internet bagi anak-anak. Selain itu, keterbatasan jumlah buku di SD Bendosari juga menjadi salah satu penghambat anak-anak dalam melakukan literasi. Maka dari itu, agar tingkat literasi anak-anak SD desa Bendosari meningkat, perlu adanya Pelatihan dan pendampingan literasi yang efektif bagi anak Sekolah Dasar di Desa Bendosari.

Foto Kegiatan Pelatihan (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Pelatihan dan pendampingan literasi yang efektif bagi anak Sekolah Dasar di Desa Bendosari merupakan salah satu program kerja Christina Sekar, mahasiswa KKN Undip tim I tahun 2023/2024. Tujuan dari diadakannya program ini adalah diharapkan tingkat literasi pada anak-anak usia dini di Desa Bendosari semakin meningkat. Program ini diadakan pada hari Kamis, 18 Januari 2024 dengan metode sosialisasi dan demonstrasi secara langsung terkait teknik pendampingan literasi yang efektif kepada guru di SDN 01 yang diantaranya adalah membiasakan siswa untuk membaca 10-15 menit sebelum kegiatan belajar dan memngajar di mulai, membiasakan siswa untuk membaca di depan kelas, menggunakan media seperti buku bergambar untuk menarik minat baca siswa, dan melakukan diskusi terkait isi dari buku yang dibaca oleh siswa. Selain melakukan sosialisasi dan semonstrasi, mahasiswa KKN Undip tim I juga menyerahkan beberapa buku dengan animasi hewan dan translasi bahasa inggris di dalamnya yang dapat dibaca oleh anak-anak di SD tersebut. 

Pelaksanaan program berjalan dengan lancar di SDN 01 Bendosari. Pendampingan literasi dapat dikatakan cukup efektif terlihat dari SDN 01 Bendosari yang antusias dalam membaca dan aktif selama kegiatan baik untuk maju kedepan kelas untuk membacakan buku yang mereka baca maupun untuk melakukan diskusi terkait buku yang mereka baca.

Penulis: Christina Sekar A. L.

Lokasi: Desa Bendosari, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo

DPL: Ir. Denis, S.T., M.Eng., IPM., ASEAN.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline