Lihat ke Halaman Asli

Hoax tentang Covid-19

Diperbarui: 28 Maret 2020   12:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kini di Indonesia sedang buming adanya virus corona yang menyebar hingga di dunia dengan berkembangnya virus corona ,berkembang pun berita hoax   dan beredarnnya virus corona di dunia juga ikut meningkat berita hoax yaitu berita yang tidak pasti (bohong) tidak ada sumbernya ,hoax informasi juga tidak benar tetapi dibuat seolah olah berita tersebut menjadi berita yang benar sehingga masyarakat pun percaya dengan adanya berita tersebut .

Apalagi dengan beredarnya  sebuah informasi di media sosial berupa tata cara pengolahan bawang putih yang diklaim dapat menyembuhkan korban yang terinfeksi virus corona.

Faktanya menurut Ahli vaksin dari OMNI Hospitals Pulomas, dr Dirga Sakti Rambe, SpPD mengatakan klaim bawang putih dapat menyembuhkan virus corona bisa dipastikan tidak benar alias hoaks. Menurutnya hingga saat ini belum ada obat atau vaksin yang teruji bisa menghalau virus. Ditegaskan juga oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dr. Wiendra Waworuntu bahwa belum ada vaksin maupun obat untuk virus corona strain baru ini.

Kini virus yang beredar di Indonesia semakin banyak. Hingga hari ini, Kamis (12/3/2020), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menemukan 196 hoax dan disinformasi seputar virus corona di Indonesia."Ada 196 per hari ini.  Di informasikan di seputar corna Indonesia dampak yang ditimbulkan ialah masyarakat yang ekonomi nya menengah kebawah yaitu percaya dengan berita tersebut karena mereka mendapat berita tersebut dari orang orang yang ada di sekitarnya yang hanya tau saja tidak berdasarkan sumbernya lewat mulut ke mulut dan akhirnya mereka terpengaruhi dengan adanya berita hoax tersebut..jadi kita sebagai masyarakat harus teliti dan dapat menyaring (filter)dari berita berita yang beredar dan jangan mudah terpengaruhi oleh berita tersebut dan mempunyai keyakinan dan percaya diri dengan adanya berita tersebut kita lebih selektif dalam memilihnya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline