Lihat ke Halaman Asli

Salsabila Maulida

Mahasiswa Akhir Universitas Pembangunan Veteran Jawa Timur dan seorang Freelancer

Inovasi Chatbot sebagai Customer Service Digital sebagai Terobosan Baru

Diperbarui: 22 Desember 2022   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa peserta Studi Independen berhasil menemukan dan mengembangkan inovasi baru yaitu berupa Chatbot yang mana berfungsi sebagai customer service digital. Pengambangan yang dilakukan diuji coba menggunakan permasalahan yang muncul selama berjalannya program Studi Independen.

Chatbot ini diberi nama AIFors Bot. AIFors Bot merupakan chatbot yang dibuat untuk membantu para peserta program AI For Startups untuk mencari informasi pada saat melaksanakan Studi Independen di Kampus Merdeka. Tujuan kami membuat chatbot ini dikarenakan untuk saat ini masih banyak peserta AI For StartUps yang masih kesulitan mencari informasi di program ini. Masalah utama yang terjadi disini adalah belum adanya tempat untuk peserta dalam mencari informasi yang lebih lengkap dan mudah. Mereka cenderung akan memilih untuk dipendam sendiri Ketika menemukan suatu masalah. 

Menurut survey yang kita lakukan ada beberapa peserta takut untuk bertanya secara langsung ke coach masing-masing. Faktor ini yang mengakibatkan para peserta ketinggalan informasi penting dan menjadi malas malasan. Selain itu mereka akan mendaapatkan kerugian yang besar bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Aplikasi chatbit aifors bot berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrogramman Python. Aplikasi ini memiliki tampilan user friendly dan dapat diakses menggunakan desktop dan mobile.

74f54270-0135-4185-937d-d2193a7f3568-63a3f8fc375dd166511f2382.jpeg

c16ad418-7434-45ce-898d-c42f7338226d-63a3f910375dd16ecd69c0a2.jpeg

Kelebihan dari aplikasi AIFor Bot, yaitu terdapat informasi yang lengkap dan mudah diakses di program ai for startups. Selain itu, tampilan dari website sudah user friendly sehingga memudahkan rekan-rekan untuk menggunakannya. Terdapat juga fitur saran dan kritik yang bertujuan agar program ini dapat berkembang lebih baik lagi lewat masukan dari peserta. 

Namun, di balik kelebihan yang aplikasi penulis miliki, terdapat kekurangannya, antara lain dataset yang penulis gunakan dalam aplikasi belum memiliki terlalu banyak informasi yang memadai, harus selalu diupdate setiap setahun sekali karena pastinya akan ada informasi maupun program baru di kampus merdeka ke depannya, serta chatbot yang penulis gunakan hanya merespon pertanyaan yang sesuai dengan kata kunci yang penulis buat di dataset. Aplikasi penulis membutuhkan pengembangan lebih lanjut apabila ingin digunakan secara publik berdasarkan kekurangan yang telah penulis sebutkan sebelumnya.

e7343f7e-8040-419d-92ec-88c5163dbb0e-63a3f9305cc80478ba62e5b4.jpeg

056e94e2-774a-4785-ac43-5c0e5b604d7e-63a3f93908a8b57c04047892.jpeg

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline