Lihat ke Halaman Asli

Salsabilaluna

Pembelajar Seumur Hidup, Penulis Paruh Waktu.

Inspiratif! Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal Bagikan Inspirasi Bermakna Melalui Kabar Cikal!

Diperbarui: 31 Januari 2021   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kabar Cikal, Majalah Digital Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal yang didedikasikan berbagi praktik baik, dan cerita tentang Cikal. Doc. Sekolah Cikal

Jakarta. Dikenal baik oleh publik sebagai sekolah berbasis kompetensi dan karakter yang memfokuskan pada pengembangan potensi murid sesuai fase tumbuh kembang anak dan metode personalisasi, Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal terus berkembang dan menginspirasi masyarakat, khususnya para orang tua untuk memberikan esensi pendidikan terbaik bagi anak. 

Di tahun 2020 lalu, Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal merilis majalah  digital pertama yang bernama Kabar Cikal untuk dibaca oleh publik. Kabar Cikal ini didedikasikan sebagai sarana berbagi cerita dan praktik baik yang berjalan di masyarakat. 

Menguatkan Sinergi, Membangun Kolaborasi

Dikutip dari edisi pertama Kabar Cikal pada Agustus 2020, rilisnya Kabar Cikal ini didedikasikan sebagai sarana menguatkan sinergi, menjaga keterikatan, dan membangun kolaborasi bagi setiap bagian dari Komunitas Pelajar Sepanjang Hayat Cikal. 

"Berbagi kabar berarti berbagi suara dan cerita untuk menjaga keterikatan, menguatkan sinergi dan mengembangkan kolaborasi bagi setiap anggota komunitas pelajar sepanjang hayat." tulis Tim Redaksi Kabar Cikal melalui edisi pertama (19/08/2020) 


Dalam setiap edisi Kabar Cikal, terdapat berbagai macam konten inspiratif antara lain Cikal Tanya-Tanya (membahas setiap hal yang terjadi dan berlangsung di Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal, atau tips-tips tertentu bersama pendidik Cikal), ada pula Suara Murid Cikal (konten yang didedikasikan oleh redaksi untuk para murid bersuara atau berbagi cerita), Berbagi Suara Berbagi Cerita (didedikasikan bagi para pendidik Cikal baik guru atau non-guru), Cerita Keluarga Cikal (sarana bagi para orang tua murid berbagi cerita bermakna sebagai orang tua untuk menginspirasi dan menyemangati orang tua lainnya) dan beragam aktivitas menyenangkan dari Rumah Main Cikal. 

Selalu Ada Inspirasi di Setiap Edisi

Hal yang menarik dari rilisnya majalah digital komunitas Cikal ini adalah selalu ada inspirasi atau pesan bermakna di setiap edisi. Di edisi ke-3 bulan Oktober, misalnya, tim redaksi Kabar Cikal mengangkat gagasan Bulan Bahasa, atau di edisi ke-4 mengangkat tema hari Ayah Nasional. 

Selain itu, pemilihan judul utama dan desain tampilan majalah setiap edisi pun tergolong unik. Kabar Cikal selalu menuliskan tema yang menarik untuk dibaca, misalnya di edisi ke-4 tertulis judul "Membaca rasa, Mendengar Cerita" dengan ilustrasi gambar kebersamaan Ayah dan Anak, atau di edisi ke-5 "Bercermin Diri, Bermimpi Lagi" yang mengindikasikan proses refleksi seorang manusia di akhir tahun. Setiap tema dari Kabar Cikal selalu terlihat menarik sehingga meningkatkan rasa ingin tahu dari para pembaca untuk mengaksesnya. 

Pemilihan Tema, Desain Cover, dan Konten Kabar Cikal menginspirasi di setiap edisi. Doc. Sekolah Cikal

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline