Lihat ke Halaman Asli

Salsabila Roy

Mahasiswa

Pengaruh Negatif Pembelajaran Daring bagi Pelajar

Diperbarui: 31 Januari 2022   00:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pandemi yang menimpa dunia 2 tahun belakangan menimbulkan efek yang sangat besar dari berbagai aspek. Salah satunya di bidang pendidikan, Khususnya di Indonesia. Indonesia yang memutuskan pendidikan dengan metode dalam jaringan sebagai alternatif dari pandemi memberikan dampak besar bagi pelajar. Yang pertama, dari segi minat pelajar. Pembelajaran daring membuat pelajar menjadi lebih malas dan terkesan tidak serius dalam melakukan proses belajarnya. 

Dimulai dari kebebasan pelajar yang dimana mereka tidak dapat terpantau dalam melakukan hal hal yang seharusnya dilakukan seperti pembelajaran tatap muka, antara lain menggunakan seragam, menyiapkan peralatan belajar hingga menyiapkan materi pembelajaran. 

Sebaliknya, pelajar dimasa pandemi yang menjalani pembelajaran daring cenderung bermalasa malasan, bahkan sering kali ditemukan pelajar yang melaksanakan proses belajar di tempat tidur dengan peralatan seadanya dan tanpa persiapan yang cukup. Yang kedua yaitu mengenai interaksi antar pelajar yang semakin berkurang diakibarkan tidak dapat bertemu dengan teman sebaya di lingkungan pendidikan. 

Lingkungan pendidikan yang seharusnya dapat menjadi media berinteraksi dan bersua dengan teman berubah menjadi ligkungan yang membosankan dan hanya berinteraksi dengan gadget yang digunakan. Yang terakhir adalah, pembelajaran daring sangat meningkatkan screentime pelajar yang sebelumnya sudah tinggi. Hal ini disebabkan oleh jam pembelajaran yang menghaurskan pelajar bertatapan dengan layar gadget. 

Setelah pembelajaran selesai pun, pelajar masih harus mengerjakan tugas yang sebagian besar harus dilakukan secara daring. Dari penjelasan diatas, dapat kita tarik benang merah bahwasanya pembelajaran dalam jaringan memang merupakan alternatif dikala pandemi, namun hal ini tentunya memberikan dampak yang negatif bagi pelajar. Sehingga, jika keadaan memungkinkan untuk melakukan pembelajaran luar jaringan, diharapkan sistem pembelajaran dalam jaringan ini dapat dihentikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline