Di masa sekarang ini Indonesia mengalami kondisi yang mengancam ketahanan ekonomi nasional. Banyak dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemic ini salah satunya dibidang ekonomi masyarakat sehingga perlu dilakukan suatu upaya agar ekonomi masyarakat tetap stabil.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan ketahanan ekonomi, adalah dengan menggerakkan roda ekonomi kreatif dan pemberdayaan UMKM. UMKM merupakan sebuah wahana yang dapat digunakan masyarakat dalam mempertahankan perekonomian.
Dilansir dari Kompas, di Indonesia, UMKM memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian negara. Karena sector UMKM adalah penyumbang PDB tersebar, paling banyak menyerap lapangan kerja, serta relatif tahan terhadap krisis keuangan. Untuk itu, pemberdayaan UMKM sangatlah penting sebagai sebuah usaha untuk meningkatkan ketahanan ekonomi.
Namun pada saat ini, masih banyak UMKM yang terpuruk, khususnya pada UMKM yang didirikan pada daerah pedesaan atau perkotaan kecil. Hal yang menjadikan UMKM ini terpuruk adalah kurangnya strategi pemasaran dan promosi yang dilakukan oleh pihak pengelola, sehingga produknya kurang dikenal dan akhirnya mengalami kerugian.
Oleh karena itu Tim Universitas Negeri Malang (UM) Offering B3 (Kelompok 8) mata kuliah pendidikan Kewarganegaraan yang diampu oleh Ibu Nurul Ratnawati, M.Pd memberikan bantuan promosi UMKM susu segar n-Dosari lewat akun instagram masing-masing anggota kelompok 8.
Anggota kelompok 8 ini terdiri atas Amalia Khoirunnisa, Arimbi Januarifa, Muhammad Shoriudin Ardani, dan Salsabila Ayuning Santi.
Kegiatan ini diawali dengan adanya perwakilan anggota kelompok 8 melakukan observasi dan meminta izin untuk mempromosikan produk susu dan yoghurt n-Dosari pada tanggal 11 Desember 2021 di tempat UMKM susu segar n-Dosari tepatnya di desa Bendosari, Kabupaten Blitar.
Sekretaris UMKM susu segar n-Dosari menyambut baik adanya tawaran promosi UMKM ini. Harapan dari diadakannya tawaran promosi susu segar n-Dosari lewat akun instagram yaitu untuk menginformsaikan, menyebarluaskan, dan mengajak masyarakat luas untuk menjadi pelanggan dari susu segar n-Dosari. Dengan bertambahnya pelanggan yang diperoleh melalui promosi di instagram maka tentunya diharapkan UMKM susu segar n-Dosari dapat mengalami peningkatan pada usahanya menuju ke arah yang lebih baik.
Beberapa UMKM yang dipromosikan antara lain yaitu susu segar dengan aneka rasa diantaranya durian, mangga, coklat, cappuccino, vanilla, melon, dan strawberry. Selain itu produk susu kelompok 8 juga mempromosikan yoghurt aneka rasa yang diproduksi oleh UMKM n-Dosari.
Produk-produk tersebut dipromosikan dalam bentuk poster yang telah diedit semenarik mungkin kemudian di unggah di akun instagram oleh anggota kelompok dengan menambahkan caption semenarik mungkin agar sasaran konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.
Dengan dipromosikannya susu segar n-Dosari lewat akun intagram ini diharapkan usaha yang dibangun oleh pelaku UMKM di desa Bendosari ini dapat berkembang, dikenal oleh masyarakat luas, dan omset penjualan produk meningkat. Sehingga nantinya perekonomian yang diperoleh melalui UMKM ini dapat berkembang lebih baik lagi terutama di musim pandemic seperti saat ini.