Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh agar Terhindar dari Virus di Masa Pandemi

Diperbarui: 27 Desember 2020   00:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Di masa pendemi ini, pastinya sudah banyak cara yang kita lakukan agar terhindar dari paparan virus Covid-19. Menggunakan masker setiap hari, social distancing, mencuci tangan dengan sabun setiap saat dan menjaga kesehatan tubuh. Dalam hal menjaga kesehatan tubuh, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga asupan gizi dan pola makan sehari-hari. Menjaga asupan gizi serta pola makan yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ini adalah beberapa zat gizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk memelihara dan mengatur sistem daya tahan tubuh. Vitamin ini terdapat dalam beberapa bahan makanan yang tidak asing bagi kita, seperti wortel, ikan, brokoli, hati sapi, labu, melon dan susu.

  • Vitamin C

Vitamin C sudah sangat dikenal sebagai pendongkrak daya tahan tubuh. Zat ini dapat ditemukan pada buah dan sayuran seperti jeruk, tomat, jahe, lemon, dan kiwi.

  • Vitamin E

Vitamin E memiliki efek antioksidan dan terkenal ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. Tetapi dibalik itu, kandungan antioksidan yang ada didalam vitamin E juga dapat melindungi diri ari paparan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin E dapat ditemukan dalam produk kacang-kacangan.

  • Selenium

Selenium juga merupakan salah satu zat gizi mikro yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kita di masa pandemi ini. Beberapa bahan makanan yang tinggi selenium antara lain ikan, daging sapi, ayam, keju dan telur.

  • Zat Besi

Zat besi dikenal sebagai nutrisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan sel darah merah, mengangkut oksigen ke paru-paru dan mengangkut elektron untuk proses pembentukan energi dalam sel. Teapi selain itu juga zat besi memiliki peran yang penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Zat besi biasanya dapat ditemukan di daging merah, kacang-kacangan, bayam, hati dan lainnya.

  • Zinc

Selain 5 zat diatas, zinc juga berperan dalam menjaga kesehatan jaringan tubuh. Bahan makanan yang mengandung zinc antara lain kerang-kerangan, telur, susu dan produk olahannya, dan daging merah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline