Lihat ke Halaman Asli

Salsabila Syahadati Alia

Tutor Bahasa Inggris

Seventeen: Lebih dari Boyband

Diperbarui: 31 Mei 2023   22:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Jangan sebut diri kamu sendiri pendengar K-Pop jika tidak tau boygroup Seventeen. Seventeen debut di tahun 2015 di bawah asuhan Pledis Entertainment. Boygroup tersebut memiliki 13 member yaitu S.Coups, Jeonghan, Joshua, Jun, Wonwoo, Hoshi, Woozi, Mingyu, The8, D.K, Seungkwan, Vernon, dan Dino. Boygroup yang diketuai oleh S.Coups ini sudah banyak memiliki pencapaian yang amat mencengangkan. Pencapaian mereka yang terakhir adalah penjualan album terbaru mereka, FML, yang tembus lebih dari 4.5 juta kopi. Tidak hanya menari dan menyanyi, Seventeen memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat nama mereka bertahan di industri hiburan Korea Selatan sehingga mereka tidak dimakan oleh zaman.

Prestasi-prestasi Seventeen di industri musik Korea Selatan menunjukkan bahwa mereka benar-benar berbakat. Woozi, salah satu member, memenangkan nominasi Best Producer di Asia Artist Award. 

Sebagai sebuah grup yang berasal dari Korea Selatan, Seventeen berhasil mencetak sejarah sebagai grup K-Pop pertama yang memenangkan Push Performance of the Year di Penghargaaan MTV Video Music Awards di tahun 2022. Sejauh ini, Seventeen telah berhasil merilis tiga album studio, dua album yang dirilis ulang, satu album kompilasi, sebelas album mini, dan dua puluh single. Lalu, info yang semakin membuat Seventeen semakin dikenal adalah keberhasilan Seventeen dalam menjual album terbarunya, FML, sebanyak lebih dar 4.5 juta kopi. Congratulations, Seventeen!

Seventeen memiliki branding self-producing idol yang melekat sejak mereka debut sebab mereka mampu membuat lagu, membuat koreografi, bahkan sampai ke konten-konten di media sosial juga diatur sendiri oleh mereka. Branding yang kuat ini yang membuat Seventeen semakin dikenal dan penggemar mereka semakin bertambah. 

Selain itu, mereka memiliki element of shocking. Tingkah Seventeen yang mengejutkan membuat konten-konten mereka di Youtube amat digemari dan menjadi gerbang masuk ke kehidupan berlian. 

Salah satu contoh member yang mengejutkan adalah Jeonghan yang memiliki batu peliharaan dan Joshua yang bermain hujan dengan payung dan shower. Selain element of shocking, konten-konten di Youtube mereka yang beragam dari Going Seventeen, INSIDE Seventeen sehingga Carat terasa amat dekat dengan para member.

Para member Seventeen memang sudah ditakdirkan untuk berada di panggung sebab interaksi member dengan para fans patut diacungi jempol karena meninggalkan kesan yang amat baik. Di konser atau fanmeeting, mereka memberikan satu segmen untuk para Carat menari lagu mereka atau membiarkan Carat untuk bernyanyi di lagu mereka. Maka dari itu, hubungan para member dan penggemar sangat kental. Selain itu, S.Coups tidak hanya memperkenalkan diri sebagai ketua Seventeen, tapi juga sebagai ketua Carat. Lagi-lagi, ini yang membuat nama Seventeen semakin melambung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline