Lihat ke Halaman Asli

Kompetisi SIREC (Screen International Research and Entrepreneurship Competition): Sarana Pertukaran Ide dan Inovasi bagi Generasi Muda

Diperbarui: 23 Oktober 2023   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Screen International Research and Entrepreneur (SIREC) merupakan kompetisi karya tulis ilmiah international yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Penelitian SCREEN FISHIPOL UNY. Kompetisi ini diselenggarakan untuk mendorong minat penelitian dan eksplorasi ilmiah dan kewirausahaan di kalangan anak muda, baik tingkat Sekolah Menengah Atas dan tingkat Universitas. Pada tahun ini, SIREC mengadopsi tema bertajuk "Action of Young Generation Contribution to Globalization Era" dengan harapan penyelenggaraan event ini dapat menjadi sarana bagi anak muda untuk mengekspresikan kontribusi mereka menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di era globalisasi saat ini.

Amara Azzahra Putri selaku coordinator umum Kompetisi bahwa kompetisi tahun ini berbeda dengan event tahun sebelumnya, yaitu adanya lomba karya tulis ilmiah tingkat internasional bagi mahasiswa. Selain itu, hal yang menjadi keterbaruan kompetisi ini yaitu adanya kerja sama antara UKMF Penelitian SCREEN dengan MIICA (Malaysia Innovation, Invention, Creativity Association) dan Dr Javanov Macadonia. Kompetisi SIREC menghadirkan kategori penelitian yang beragam, seperti environment, technology, entrepreneurship, education, economy, health, renewable energy, dan social culture. Ketentuan peserta yang dapat mengikuti kompetisi ini adalah seluruh mahasiswa dan siswa yang tergabung dalam 1 tim yang terdiri dari 2-3 orang setiap timnya. Peserta dapat mengikuti kompetisi ini tanpa dipungut biaya pendaftaran sama sekali pada masa pengumpulan paper dan akan dikenakan biaya apabila mereka lolos pada tahap presentasi hasil karya ilmiah.

Rangkaian kegiatan SIREC ini telah dilaksanakan pada tanggal 25 Mei -- 17 September 2023. Kegiatan ini dibuka dengan registrasi dan pengumpulan paper bagi peserta. Kegiatan dilanjutkan dengan seleksi paper dan pengumuman finalis. Finalis yang telah terpilih kemudian melaksanakan tahap presentasi final yang dilaksanakan secara daring dengan dewan juri dari Malaysia, Macadonia, dan Indonesia. Hasil dari presentasi tersebut diumumkan melalui acara awading secara offline di Gedung ISDB FISHIPOL UNY yang menjadi penutup dari seluruh rangkaian kegiatan kompetisi SIREC. Kategori juara juga dibagi mejadi grand award, best per category, dan best presentation and poster. Seluruh pemenang akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, medali, sertifikat, dan souvenir pemenang.

Amara mengatakan bahwa antusiasme peserta di tahun ini sudah mencapai target yaitu lebih dari 50 peserta yang berasal dari negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Macadonia. Ia berharap bahwa kompetisi ini dapat mewadahi serta memotivasi generasi muda untuk terus bereksplorasi di bidang penelitian dan penalaran. Amara juga berharap event ini dapat terus berkembang dan menjadi wadah pertukaran ide serta inovasi di kalangan mahasiswa di masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline