Lihat ke Halaman Asli

KKN UM Kasembon 2022

akun official resmi KKN UM Kasembon 2022

Hidroponik Salah Satu Solusi Tetap Produktif Di Rumah, Mahasiswa KKN UM Melatih Masyarakat Desa Kasembon Budidaya Sistem BUDIKDAMBER

Diperbarui: 25 Mei 2022   08:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) melangsungkan salah satu program kerjanya yaitu kegiatan Sosialisasi Pembuatan dan Budidaya Tanaman dan Ikan dalam Ember (BUDIKDAMBER) bersama warga Desa Kasembon. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung pada 30 Maret 2022 yang bertempatan di Aula Balai Desa. 

Program kerja dari mahasiswa KKN UM ini merupakan salah satu program yang dapat memenuhi potensi di Desa Kasembon, dapat dilihat dari mayoritas warganya berprofesi sebagai petani. Program kerja ini berbasis berkelanjutan. Kegiatan sosialisasi ini mengundang beberapa warga seperti, warga perwakilan tiap RT, Perangkat desa, Kelompok tani, Kelompok ibu PKK, Kader, dan sebagainya. 

Dokpri

Dalam kegiatan Sosialisasi Pembuatan dan BUDIKDAMBER ini, mahasiswa KKN UM menyempatkan untuk memberikan informasi tentang Hidroponik, lalu dilanjutkan dengan memberikan informasi tentang BUDIKDAMBER, mulai dari tentang BUDIKDAMBER secara sederhana, bahan serta peralatan yang dibutuhkan, penyeleksian bibit ikan lele dan bibit kangkung terbaik, dan cara budidaya ikan lele dan kangkung. Hal ini didasari bahwa BUDIKDAMBER yang merupakan inovasi dari sistem akuaponik termasuk ruang lingkup dari hidroponik, yaitu menanam tanpa media tanah.

Mahasiswa KKN UM menjelaskan tentang pengertian hidroponik, media dan nutrisi yang digunakan, cara melakukan penyemaian, dan macam-macam sistem hidroponik

Selama kegiatan berlangsung, antusiasme warga desa Kasembo terhadap program sosialisasi ini sangat tinggi. Warga merasa senang dengan adanya hal baru untuk dipelajari, proses pembuatannya pun sangat  sederhana dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Dengan dilakukannya kegiatan ini mahasiswa KKN UM berharap pengetahuan dan minat warga Kasembon terhadap budidaya hidroponik dapat meningkat sehingga para warga Kasembon dapat tetap produktif walaupun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Oleh : Salsabila F Rahmah, Sima Fatma Kusuma, Naufal Dzakwan Al Hakim

Pembimbing : Rachmad Hidayat, S.Pd, M.Pd




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline