Lihat ke Halaman Asli

Salsabila

Mahasiswa

Pemberian Modal Usaha Warung Untuk Keberlangsungan Ekonomi Keluarga Bapak Murki

Diperbarui: 12 Januari 2022   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pemberdayaan kaum dhuafa menjadi tanggung jawab utama bagi setiap muslim, terlebih bagi mereka yang telah Allah SWT berikan kecukuan harta. Mereka (orang yang berkecukupan) berkewajiban untuk membagi sebagian hartanya yaitu dengan berinfaq dan menunaikan zakat.

Seperti hal nya pada Q.S Al-Maun [107] ayat 3 memiliki arti "dan tidak mendorong memberi makan orang miskin". Maksud ayat tersebut adalah disebutkan bahwa ciri-ciri orang yang mendustakan agama adalah orang yang tidak mendorong memberi makan orang miskin.

Oleh karena itu, melalui program 'Pemberdayaan Dhuafa' yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

2 orang mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, yaitu Salsabila dan Dina Purba melaksanakan program tersebut dengan membantu Keluarga Bapak Murki yang terletak di Kp. Mandala, Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Bapak Murki adalah seorang kepala keluarga yang masih memiliki istri, 2 orang anak, dan 1 cucu. Beliau beserta keluarganya bekerja sebagai pemulung demi berlangsungnya perekonomian hidup mereka. Pendapatan dari hasil mencari barang-barang bekas hanya mendapat Rp 40.000 - 50.000 / 3 harinya. Terkadang Bapak Murki juga mencari ikan dilaut untuk dimasak atau dijual ke tetangganya.

"Saya hidup seperti ini sudah lama, sebelumnya saya dan keluarga tinggal digubuk pinggir laut, karena gubuk itu sering banjir jadi pindah ke rumah ini. Rumah ini juga diberikan oleh Pemerintah" ujar Bapak Murki dalam keterangannya (2/11/21).

Dengan kisah Bapak Murki, Salsabila dan rekannya Dina Purba tergerak hatinya untuk membantu perekonomian keluarga Bapak Murki. Maka dari itu, Mereka menggalang dana selama kurang lebih 2 bulan. Dana yang terkumpul sebesar Rp 1.500.000,00.
"Dana yang terkumpul akan kami buatkan usaha membuka warung agar dapat membantu perekonomian keluarga" Ujar Dina.

"Alhamdulillah saya dan keluarga sangat bersyukur dapat bantuan sebanyak ini, semoga apa yang diberikan kalian menjadi bermanfaat untuk keberlangsungan ekonomi keluarga saya" Ujar Bapak Murki.


Penyaluran yang diberikan kepada keluarga Bapak Murki dilakukan pada tanggal 09 Januari 2022. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan berkat bimbingan dari Bapak Amirullah S.Pd.I,M.A selaku dosen pengampu mata kuliah Kemuhammadiyahan serta bantuan dari orang-orang yang telah menyisihkan hartanya untuk berdonasi.

Sekali lagi Kami ingin berterimakasih kepada donatur yang telah ikut serta membantu dan menyumbangkan hartanya untuk membantu bapak murki dan keluarga. Semoga rezekinya selalu dilancarkan dan diberi keberkahan.

Aamiin Allahumma Aamiin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline