Transportasi Medan -- Tanjungbalai belum dapat dikatakan baik. Karena belum memenuhi beberapa indikator sebagai berikut: 1. Kelengkapan fasilitas yang membuat penumpang akan merasa nyaman, seperti, AC, TV, toilet, serta terminal khusus yang bersih. 2. Transportasi harus bekerja sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, 3. Pihak Transportasi umum membekali penumpang dan pengemudinya dengan asuransi kecelakaan dan asuransi kematian. 4. Kemampuan sopir mengendarai bus dengan lebih berhati-hati, sehingga penumpang merasa aman saat berada di kendaraan. 5. Tidak memaksakan penumpang apabila kursi yang disediakan sudah cukup.
Lima indikator diatas harus dipenuhi semua jenis angkutan penumpang. Untuk jurusan Medan - Tanjung Balai terdapat beberapa moda tranportasi, yaitu: bus dan kereta api, kereta api sudah memenuhi ke-lima indikator tersebut. Seperti fasilitas yang sangat lengkap dimulai dari stasiun yang bersih serta keadaan didalam gerbong yang nyaman, harga tiketnya yang dapat dikatakan murah, bekerja sesuai jadwal dan pihak PT KAI juga bekerjasama dengan asuransi jasa raharja, serta kemampuan masinis dalam mengendarai kereta api pun sudah tak diragukan lagi. Dikutip dari economy.okezone.com
Ada beberapa bus yang digunakan dalam perjalanan Medan -- Tanjungbalai yaitu, Almasar, Rajawali dan KUPJ. Bus Rajawali dan KUPJ belum memenuhi ke-lima indikator tersebut, supir dalam mengendarai bus-bus ini sering dijumpai ugal-ugalan dalam mengemudi, seperti memotong jalan tanpa memikirkan konsekuensi yang akan diterimanya. Bus KUPJ tidak memiliki fasilitas yang dituliskan dalam indikator tersebut. Dan bus rajawali sering memaksakan penumpang untuk duduk di bangku tempel sehingga menimbulkan resiko kecelakaan semakin besar.
Berikut penjelasan secara rinci mengenai transportasi umum yang sering digunakan jalur Medan -- Tanjungbalai:
Kereta Api di perlukan waktu empat sampai lima jam untuk sampai ke Tanjungbalai, dan itupun hanya memiliki rute tiga kali dalam sehari. Keberangkatan pagi pada jam 6:30, keberangkatan siang pada jam 12:15 dan keberangkatan sore 17:10. Kereta Api singgah dibeberapa kota seperti Bandar Khalipah, Batang Kuis, Aras Kabu, Lubuk Pakam, Bamban, Tebing Tinggi, Bandar Tinggi, Perlanaan, Limapuluh, Sei Bejangkar, Kisaran dan tujuan akhir Tangjungbalai. Kenyamanan menggunakan kereta api tidak diragukan lagi. Karena pihak Kereta Api memfasilitasi penumpang dengan AC, toilet yang memadai, stop kontak jikalau diperlukan, dan memperjualbelikan makanan serta minuman dengan harga terjangkau bagi penumpang yang kelaparan. Tarif kereta api sangatlah terjangkau dibanding alat transportasi lain berkisar Rp 27.000. Pemesanan tiket Kereta Api sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access dengan pembayaran melalui aplikasi LinkAja, dan pemesanan tiket Kereta Api juga bisa melalui Indomaret, Alfamart dan Alfamidi.
Tidak hanya kereta api transportasi yang bisa digunakan lainnya adalah bus almasar. Untuk transportasi yang satu ini bus akan melewati rute Kualanamu- Tebing Tinggi- Kualatanjung- Limapuluh- Kisaran- Tanjungbalai. Bus akan berangkat setiap satu jam sekali mulai pukul 07:00 WIB sampai terakhir 17:00 WIB selain itu kelebihan lain dari bus almasar ini adalah bus akan melalui jalan tol untuk mempercepar perjalanan dengan ongkos yang relatif murah sekitar Rp 45.000,. penumpang sudah bisa menaiki bus eksekutif dengan fasilitas full AC dan TV.
Bus rajawali ini juga memiliki tarif yang sama dengan Almasar sekitar Rp.45.000, dengan fasilitas AC dan TV. Rajawali ini melewati beberapa kota besar seperti Tebing Tinggi, Bandar Tinggi, Lima Puluh, Indrapura, Kisaran dan tujuan akhir Tanjungbalai. Rajawali ini akan melintasi jalan tol jika penumpangnya tidak ada yang turun di Lubuk Pakam. Kekurangan dari bus yang satu ini adalah memaksakan penumpang. jika bangku yang ada didalam bus sudah penuh, asisten supir atau biasa disebut kenek ini memaksakan penumpang dengan duduk di bangku tempel yang sudah dia sediakan. Dan itu membuat kenyamanan penumpang saat menaiki Rajawali menjadi terganggu, bukan hanya mengurangi kenyamanan penumpang bahkan membuat resiko kecelakaan menjadi sangat besar.
Koperasi Usaha Pinggir Jalan (KUPJ), bus KUPJ ini juga melintasi kota-kota besar seperti Rajawali.Kekurangan dari bus ini adalah tidak ada nya AC dan fasilitas lain. Itu membuat penumpang menjadi kurang nyaman dan merasa pengap, sehingga penumpang yang ada di bus ini rebutan untuk duduk di tempat paling pinggir dekat dengan jendela agar tidak merasakan pengap. Dan bus KUPJ ini tidak melewati jalur tol. Kelebihan dari bus KUPJ ini tarifnya lebih murah dari pada bus Rajawali dan Almasar, tarif KUPJ ini berkisar Rp.35.000.
Keuntungan apabila Transportasi itu baik dapat dirasakan oleh penumpang dan orang banyak: 1. Lebih aman dan nyaman, dengan mengendarai Transportasi umum yang baik, membuat berkurangnya jumalah kendaraan yang ada di jalanan, itu berarti mengurangi tingkat keelakaan. Secara tidak langsung menggunakan kendaraan umum akan membuat penumpang menjadi lebih aman dan adanya fasilitas yang disediakan oleh pihak Trasnportasi umum akan membuat penumpang merasa lebih nyaman. 2. Dengan keadaan Transportasi yang baik, mungkin saja masyarakat kota Medan tertarik ingin berjalan-jalan ke kota Tanjungbalai. Karena kota Tanjungbalai terletak didaerah pesisir, yang banyak menjual berbagai jenis ikan segar, kerang, dll.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan transportasi merupakan alat bantu berupa kendaraan yang gunanya untuk mempermudah banyak orang berpergian dari satu kota ke kota lain. Setiap transportasi umum memiliki fasilitas dan kelebihan tersendiri untuk menarik penumpangnya. Baik melalui biaya yang mebih murah maupun kelengkapan fasilitas.
Untuk mendapatkan transportasi yang baik, maka harus dilakukan beberapa hal. 1. Pengemudi harus mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang. 2.Seharusnya dengan melihat banyaknya peminat yang ingin menaiki bus. Pihak transportasi bus membuat aplikasi pembelian tiket secara online untuk mempermudah akses penumpang dalam menggunakan trasportasi bus, dengan begitu jadwal keberangkatan bus akan lebih teratur. 3. Pihak transportasi harus memenuhi ke-lima indikator diatas untuk dapat dikatakan menjadi transportasi yang baik, sebagaimana disebutkan di atas.