Lihat ke Halaman Asli

Peran Generasi Milenial Menjadi Salah Satu Faktor dalam Kemajuan Bangsa Indonesia

Diperbarui: 6 Desember 2023   09:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Generasi muda berperan penting dalam membangun karakter bangsa Indonesia.

 Sebagai penerus dan calon penerus bangsa, mereka mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan potensi diri, memperkuat karakter, dan menjadi motor penggerak perubahan positif dalam pembangunan nasional.

 Artikel ini menguraikan tentang pentingnya peran generasi muda dalam pembangunan bangsa, tantangan yang mereka hadapi, dan strategi yang dapat diterapkan untuk memperkuat peran mereka.

 Karena generasi muda merupakan pewaris dan pewaris bangsa dan negara, maka kualitas generasi muda menentukan baik atau buruknya suatu negara.

 Generasi muda dituntut mempunyai budi pekerti yang kuat, budi pekerti yang tinggi, rasa kebangsaan dan  semangat bersaing, serta kemampuan memahami ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mampu bersaing di dunia, dalam rangka membangun negara dan bangsa.

 Situasi generasi muda di Indonesia saat ini diwarnai dengan kemerosotan moral, dimana mereka teralihkan oleh kesenangan dan melupakan tanggung jawab sebagai generasi muda.

 Dalam tataran moral, sosial, dan akademis, generasi muda hanyalah generasi terpelajar, teladan dan teladan yang baik bagi masyarakat, lebih  berorientasi pada hedonisme (kenikmatan) dan masih banyak lagi.

 Tidak banyak generasi muda yang peka terhadap kondisi sosial, apalagi banyak pelajar yang tidak peka terhadap kondisi sosial.

 menyadari bahwa mereka adalah akademisi yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap perubahan menuju pembangunan negara.

Generasi muda harus mempunyai unsur untuk mampu membangkitkan dan membangun negara kita.

 Itu adalah:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline