Lihat ke Halaman Asli

SALSA ALIEFIA

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Rekognisi UPI 2022: Pelatihan Microsoft Office di MyEduSolve

Diperbarui: 8 November 2022   12:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengenalan Materi Microsoft Word. Sumber: Tangkapan Layar Salsa Aliefia

Kompetensi terpenting yang harus dimiliki saat ini adalah literasi digital, salah satunya menguasai microsoft office (word, powerpoint, dan excel). Program pelatihan dan sertifikasi Microsoft Office Specialist Expert, merupakan salah satu dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

MBKM merupakan bagian dari kebijakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Salah satu program di dalam MBKM adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Studi Independen Bersertifikat bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, tetapi tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program ini diperuntukan bagi mahasiswa/i yang ingin memperlengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang dibutuhkan di dunia industri.

Universitas yang mengizinkan mahasiswanya untuk mengikuti program MSIB salah satunya ialah Universitas Pendidikan Indonesia. Nillai dari program tersebut dapat dikonversikan sebagai nilai Kuliah Kerja Nyata oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPI.

Mitra dari Kampus Merdeka yang sudah dua kali ikut serta dalam melaksanakan serta menyukseskan program studi independen adalah PT. Dwi Inti Putra atau dikenal juga sebagai MyEduSolve.

MyEduSolve menawarkan progam pelatihan yang berfokus pada literasi digital untuk mendukung mahasiswa/i dapat mempelajari dan memperoleh kemampuan literasi digital yang dibutuhkan dunia kerja saat ini. Selain memberikan pelatihan, MyEduSolve juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menguji kemampuan mereka dengan mengikuti ujian sertifikasi sebagai bukti atas penguasaan dalam bidang tersebut.

Pada batch 2, MyEduSolve menawarkan beberapa program kepada pesertanya mulai dari pelatihan Microsoft Office Specialist Expert, Video Design, Visual Design, Data Science, 21st Century Educator, dan Career Ready yang berfokus pada pelatihan berbasis persiapan kerja langsung.

Pada program studi independen Microsoft Office Specialist Expert, peserta diajarkan bagaimana penggunaan secara praktikal dari Microsoft Office. 

Setelah mendapatkan pelatihan mengenai materi Microsoft Office oleh mentor yang kompeten, kemampuan para peserta diuji dan diakui melalui ujian sertifikasi yang dilakukan oleh Certiport. Peserta yang mengikuti program pelatihan Microsoft Office Specialist akan mendapatkan 5 sertifikasi bertaraf internasional. Para peserta juga diberikan kesempatan 1 kali ujian lagi jika nilai masih belum mencukupi untuk lulus.

Sertikat Microsoft Office Specialist. Sumber: Certiport.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline