Komunikasi adalah aspek terpenting dalam sebuah kerjasama antar tim. Komunikasi sangat dibutuhkan baik itu antar karyawan maupun antar karyawan dengan perusahaan. Komunikasi menjadi kunci berjalannya perusahaan untuk mendapatkan hasil terbaik.
Sebagai karyawan kita perlu memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan komunikasi antar karyawan maupun sesama tim. Mengapa demikian? Karena terjalinnya komunikasi antar karyawan yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan.
Berikut beberapa manfaat dari komunikasi antar karyawan dalam suatu perusahaan :
1. Meningkatkan Kinerja Karyawan
Kinerja karyawan adalah hal yang memiliki tingkat kepuasan tersendiri bagi kita yang serius dalam melakukannya. Maka dari itu, kinerja tiap karyawan harus selalu ditingkatkan kualitasnya agar pencapaian yang didapat perusahaan semakin meningkat. Tidak hanya kerjasama antar karyawan tetapi juga antar tim/bidang dalam perusahaan.
2. Menghindari Konflik
Ketika kita sedang menghadapi konflik pasti akan memengaruhi kinerja kita sebagai karyawan, baik konflik antar karyawan maupun tim. Maka dari itu harus ada komunikasi khusus untuk menyelesaikannya. Adapun solusinya dengan cara diskusi/mediasi antar pihak yang sedang berselisih. Karena konflik yang dibiarkan terlalu lama dapat memperburuk hubungan antar karyawan itu sendiri bahkan situasi dan kondisi di kantor.
3. Adanya Manajemen Komunikasi Sebagai Bentuk Sarana Pengungkapan Emosional. Manfaat ini masih berhubungan dengan manfaat sebelumnya. Suatu perusahaan yang memiliki manajemen komunikasi yang baik akan terbentuk koordinasi antar tim yang baik pula. Manfaat ini merupakan wadah bagi setiap karyawan . Karena dengan adanya wadah ini, komunikasi dapat menjadi alat untuk mengungkapkan emosional karyawan.
Sehingga dapat meminimalisir permasalahan yang terjadi akibat konflik pribadi indvidu seperti ketidakpuasan terhadap gaji yang didapatkan.
4. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan
Komunikasi karyawan yang efektif akan menciptakan koordinasi yang baik.