Lihat ke Halaman Asli

Salsa HijriyatinNisa

ingin memberikan info yang luas terhadap masyarakat luar

Serunya Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa

Diperbarui: 29 Juni 2023   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Saya Salsa Hijriyatin Nisa mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi semester 4 di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Universitas Muhammadiyah Jakarta atau biasa disebut UMJ merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah yang berlokasi di Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419. Kampus ini mempunyai beberapa fakultas salah satunya yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Di fakultas FISIP ini terdapat 4 jurusan yaitu : Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Kesejahteraan Sosial, dan Administrasi Publik. Program studi Ilmu Komunikasi ini ternyata mengadakan Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri (PMM) ke Malang. 

PMM adalah suatu program yang diselenggarakan dalam rangka memberikan kesempatan kepada mahasiswa UMJ untuk mengikuti perkuliahan perguruan tinggi lain yang relevan,  baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika mengikuti program ini salah satunya yaitu meningkatkan mahasiswa dalam mengaplikasikan wawasan kebangsaan. 

Saat mengikuti program ini kita akan mendapatkan teman baru yang berasal dari berbagai daerah, dan disitulah kita bisa mempelajari serta menghargai kebudayaan dari tiap daerah tersebut. Pada kali ini UMJ mengadakan program PMM ini ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dengan adanya PMM ini terdapat 11 mahasiswa yang mengikuti program tersebut. Mahasiswa yang mengikuti PMM ini berinisial SD, ZN, DZ, NL, AY, NY, NE, VN, ADN, DN, dan saya sendiri yaitu Salsa. Beberapa mahasiswa yang mengikuti PMM ini mempunyai alesan yang sama yaitu karena ingin mendapatkan pengalaman baru serta ingin mengetahui metode pembelajaran di lingkup UMM.

Program pertukaran mahasiswa ini atau PMM berlangsung selama 1 semester dari bulan September 2022 sampai Januari 2023. Banyak yang dapat diambil dari pengalaman mengikuti PMM ini, mulai dari mengikuti praktikum, mempelajari mata kuliah yang belum pernah dipelajari, serta bisa mendatangi tempat-tempat baru di Malang. Bukan hanya itu mahasiswa yang mengikuti PMM ini sudah mendapatkan uang saku serta tempat tinggal selama di Malang, mahasiswa hanya dituntut untuk mengikuti metode pembelajaran di sana dan berusaha untuk mendapatkan nilai yang terbaik. Banyak hal yang paling menyenangkan saat mengikuti PMM ini adalah mendapatkan banyak relasi dan pengalaman baru. 

Terdapat juga pengalaman yang berkesan yaitu saat kita mengikuti acara perpisahan dengan mahasiswa yang mengikuti program ini. Disitulah kita sadar bahwa banyak hal yang baru kita dapatkan setelah mengikuti program pertukaran ini, karena kita menemukan teman, sahabat, bahkan bisa dibilang keluarga baru yang beragam dari berbagai daerah. 

Setelah menyelesaikan program PMM tersebut mahasiswa yang mengikuti sangat senang dan tidak menyesal telah mengikuti program tersebut. Mereka berterima kasih kepada pihak kampus UMJ yang sudah menyediakan program ini, karena belum tentu pengalaman ini terjadi jika mereka tidak mengikut program PMM. Semoga dengan diadakannya program ini bisa menjadi pembelajaran bagi setiap mahasiswa yang mengikuti PMM ini kemaren.

Dok. pribadi

Untuk kedepanya semoga pihak UMJ terus menyediakan program ini agar menjadi wadah mahasiswa lain yang ingin menambah pengalaman serta mempelajari hal-hal yang baru. Kemudian untuk mahasiswa selanjutnya yang mengikuti program ini dapat menambahkan pengelaman baru untuk dirinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline