Lihat ke Halaman Asli

Salsa

Student

5 Tips Nyeleneh untuk Atasi Kebiasaan Begadangmu

Diperbarui: 11 Juni 2023   21:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: gettyimages

Sebagian orang di perkotaan tengah menghadapi kebiasaan buruknya dalam mengatur jadwal tidur. Apakah kamu salah satunya?

Begadang menjadi kebiasaan orang-orang karena jadwal yang padat dan dadakan. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang sulit untuk tidur dalam jadwal yang baik. Bisa jadi karena overthinking, stres berlebih, bahkan hal lumrah seperti screen time yang berlebihan dalam keseharian. Tapi apapun penyebabnya, pasti ada alasan dibalik itu semua, kan? ;)

Tapi, jika kamu sudah berada di fase membenci kebiasaan burukmu itu. Dan ingin segera mengatasinya namun tidak ada satupun cara yang berhasil. Mungkin kamu butuh tips yang sedikit ekstrem dan nyeleneh untuk kamu coba. Berikut ini tips beda dari yang lain dalam membantumu melawan kebiasaan begadang-mu:

1. Coba Dengarkan Podcast

Cobalah untuk mendengarkan podcast lewat layanan streaming audio (voice only), seperti Spotify. Hindari mendengarkan podcast dalam bentuk video supaya kamu bisa membaringkan tubuhmu secara rilex dan santai. Kamu juga bisa menata tempat tidurmu sebelumnya supaya lebih nyaman, serta matikan lampu kamarmu. Jika kamu belum terbiasa dengan lampu yang mati saat tidur, kamu bisa mencoba untuk mulai melakukannya dari sekarang ;)

2. Sembunyikan Gadget-mu di Tempat yang Jauh

Jika mendengarkan podcast tidak terlalu membantumu dalam memiliki jadwal tidur yang baik, cobalah untuk menyembunyikan gadget-mu seperti HP atau Tablet-mu, untuk mengurangi screen time sebelum tidur.

Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang jauh dari tempat tidurmu agar kamu bisa fokus memulai segala ritual-sebelum-tidur-mu. Bisa dengan cara meditasi, atau exhale-inhale

Kamu juga bisa mencoba cara ini: kedipkan matamu secara berulang dan super cepat. Cara ini mampu memberikan efek lelah pada matamu. Setelah matamu menutup dengan sendirinya, menyerahlah. Lupakan segala hal yang kamu pikirkan dan biarkan tubuhmu beristirahat. 

3. Tidak Tidur Semalaman

Daripada jatuh tidur di jam 3 atau 4 dini hari dan berakhir penyesalan karena baru bangun di jam tengah hari, kamu bisa coba tips nyeleneh satu ini. Caranya adalah kamu berusaha membuat dirimu terjaga semalaman. Untuk memulai tips ini, Pastikan kamu mempersiapkan jadwal yang padat keesokan harinya supaya kamu bisa teralih dari rasa kantukmu. Kamu bisa mulai berolahraga dan menghabiskan waktu dengan orang terdekat dan terkasihmu, bahkan peliharaan kesayanganmu. Pastikan untuk menyibukkan diri dengan banyak bergerak. Hindari kegiatan statis seperti bermain game, scrolling social media, atau menonton film yang hanya diam di satu tempat ya. Supaya kamu benar-benar lelah di hari itu karena aktivitas dinamis-mu.

Tapi, ingat ya, cara ini akan membuat kamu mengantuk dan tidak fokus, jadi kamu harus menghindari tips ini di hari-hari weekdays-mu, seperti hari sekolah atau kerja. Sangat disarankan tips ini kamu lakukan di malam Minggu, sehingga kamu bisa sepenuhnya menabung rasa kantukmu supaya kamu punya jadwal tidur yang baik untuk persiapan hari Senin-mu. Selamat mencoba ;)

4. Hindari Olahraga dan Kafein Sebelum Tidur

Ya iya lah. Kafein akan memicu detak jantungmu. Jadi hindarilah meminum kopi, teh, dan cokelat sebelum tidur. Meskipun cokelat panas terdengar seperti ide yang bagus untuk membuat dirimu rilex sebelum tidur, namun nyatanya ia akan membuatmu terjaga lebih lama. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline