Lihat ke Halaman Asli

Fairus Salsabila Zahro

Mahasiswa UNSIA Jurusan Ilmu Komunikasi

Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial Marketing

Diperbarui: 29 Juli 2023   16:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sekarang ini, media sosial tak hanya digunakan sebagai media untuk menunjukkan eksistensi pribadi maupun untuk hiburan saja, tetapi media sosial juga banyak sekali dimanfaatkan sebagai media pemasaran yang efektif. Media sosial dimanfaatkan sebagai media pemasaran sekarang ini adalah suatu bagian dalam menghadapi era ketatnya globalisasi. Kegiatan pemasaran pun saat ini telah dirancang dan disusun sedemikian rupa agar efektif serta terorganisir sehingga perusahaan dapat bertahan dan juga beradaptasi dengan perkembangan pasar yang amat sangat ketat. 

Media sosial kini banyak sekali digunakan sebagai alat yang efektif untuk membangun brand di kalangan masyarakat. Media sosial menjadi pilihan yang bagus untuk membangun kesadaran merek. Penggunaan media sosial menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan brand awareness. Meningkatkan brand awareness di platform media sosial tak memerlukan biaya yang besar. Mengapa banyak yang menjadikan media sosial sebagai salah satu alat pemasaran utama untuk bisa membangun brand dan kesadaran merek (brand awareness)? Hal tersebut tak terlepas dari keunggulan pemasaran media sosial itu sendiri. Pemasaran yang dilakukan di media sosial sangat berdampak dalam meningkatkan brand awareness.

Terdapat poin penting yang harus diketahui terkait peranan media sosial untuk pemasaran supaya dapat meningkatkan brand awareness, salah satunya yaitu tentang tersedianya berbagai fitur-fitur menarik di media sosial untuk mendukung kegiatan pemasaran di media sosial. Di dalam media sosial, seperti Instagram, Facebook dan lain-lain, tersedia berbagai fitur yang canggih yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran. Biasanya yaitu fitur promotion atau Ads. Dengan memanfaatkan fitur seperti ini untuk pemasaran, maka merek akan cepat dikenal oleh target pasar. Inilah salah satu alasan mengapa pemasaran di media sosial berperan penting untuk meningkatkan brand awareness.

Tak hanya itu, fitur-fitur lainnya dari media sosial juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan brand awareness. Media sosial berperan memberikan ruang untuk dapat menciptakan interaksi 2 arah langsung antara konsumen dengan brand. Misal seperti like, kolom comment, share, dan lain-lain. Dengan suatu brand memaksimalkan komunikasi semacam ini dalam hal memasarkan produk/jasanya, maka akan membuat konsumen mudah tertarik, sehingga tak hanya meningkatkan brand awareness, tetapi juga dapat meningkatkan engagement dan menciptakan tingginya daya beli.

Dengan adanya fitur-fitur menarik seperti ini, tentu akan semakin mudah bagi suatu brand marketer untuk menjalankan kegiatan pemasaran di media sosial dan meraih tujuannya yakni meningkatkan brand awareness. Saat ini juga semakin mudah sekali untuk berbagi konten di media sosial, misalnya seperti fitur repost. Selain kemudahan berbagi konten, media sosial juga berperan memberi kemudahan memaksimalkan akun bisnis, misal dengan mudahnya memasang foto profil, menambahkan deskripsi singkat atau bio pada akun, menambah tautan di berbagai postingan, dan lain sebagainya.

Meningkatkan brand awareness melalui pemasaran di media sosial juga dapat dilakukan dengan cara memaksimalkan konten. Dengan konten yang menarik, tentu bisa menarik orang agar mencari tahu apa produk/jasa yang ditawarkan brand tersebut

Banyak yang memanfaatkan pemasaran di media sosial karena memang media sosial lebih terbiasa diakses oleh masyarakat. Ini merupakan poin yang sangat jelas dan utama. Media sosial lebih efektif untuk meningkatkan brand awareness karena konsumen atau target masyarakat lebih terbiasa mengaksesnya setiap hari. Media sosial memungkinkan suatu merek dapat dikenal target pasar yang spesifik secara meluas.

Saat ini platform media sosial sangatlah beragam. Untuk dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek, tak perlu menggunakan semua jenis platform media sosial. Cukup dengan memilih salah satu platform media sosial yang memang sudah betul-betul sesuai dengan target pelanggan. Sekarang ini sudah banyak yang melakukan berbagai cara promosi di media sosial untuk meningkatkan brand awareness. Selain dengan membuat konten yang menarik dan membagikan postingannya, contoh lainnya adalah dengan cara seperti : 

1. Bekerjasama dengan influencer atau disebut Influencer Marketing : Merupakan salah satu cara mempromosikan brand dengan cara menjalin kerja sama dengan influencer sehingga brand bisa semakin dikenal banyak orang.

2. Mengadakan giveaway : Tak hanya karena mudah, cara ini juga sangat disukai para pelanggan dan juga bisa mendatangkan konsumen baru. Bahkan dengan cara ini juga dapat meningkatkan engagement media sosial, tentunya dengan syarat yaitu likes dan juga komentar dari postingan tersebut.

Itulah peranan dari pemasaran yang dilakukan di media sosial untuk meningkatkan brand awareness. Meningkatkan brand awareness ini bukanlah suatu kegiatan yang sulit. Ketahui terlebih dahulu tujuan, tentukan target, serta pilihlah strategi yang sesuai, sehingga bisa membantu bisnis terus berkembang. Pemilihan strategi yang benar akan dapat mendukung pertumbuhan bisnis dengan cara meningkatkan kesadaran dari masyarakat akan suatu keberadaan brand serta dapat menambah jumlah jangkauan marketing. Hal yang tak kalah penting adalah menjalankan strategi dengan serius, fokus, dan juga konsisten supaya bisa memperoleh hasil maksimal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline