Lihat ke Halaman Asli

Salma

Airlangga University

Peringati Hari Gizi Nasional, Pemerintah Berupaya Cegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani

Diperbarui: 25 Januari 2023   11:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Freepik (Protein)

Rabu, 25 Januari 2023 diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya  ahli gizi di Indonesia sebagai Hari Gizi Nasional. Peringatan Hari Gizi Nasional ini tidak hanya sebagai peringatan biasa, namun juga sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menjaga asupan gizi seimbang sehingga dapat menunjang pertumbuhan serta kesehatan masyarakat.

Pemerintah telah menetapkan tema di tahun 2023 ini adalah "Cegah Stunting dengan Protein Hewani". Seperti yang kita ketahui bahwa kasus stunting di Indonesia masih tergolong tinggi yaitu 24,4% (SSGI 2021). Jika ditinjau dari mutunya, protein hewani memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan protein nabati. Pangan hewani cenderung memiliki kandungan zat gizi yang lengkap untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan.

Plt. Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kementerian Kesehatan Ni Made Diah, dalam konferensi pers Hari Gizi Nasional ke-63 di Jakarta, menyatakan bahwa konsumsi pangan hewani lebih dari satu jenis akan memberikan manfaat yang kompleks daripada hanya mengkonsumsi satu jenis pangan hewani. Asupan protein hewani bertindak sebagai faktor pertumbuhan insulin (IGF1) yang memediasi pembentukan hormon pertumbuhan dan matriks tulang. Makanan dengan sumber protein hewani yang tinggi mengandung asam amino esensial yang tinggi sehingga dapat meningkatkan penyerapan mineral seperti seng dan besi yang dapat mempengaruhi pertumbuhan.

Selain meningkatkan penyerapan mineral, asam amino juga berperan untuk menyintesis hormon tiroid. Hormon tiroid dapat menentukan laju metabolik tubuh sehingga dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa protein hewani sangat membantu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh, sehingga mencegah terjadinya stunting pada balita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline